Kompas.com - 27/07/2017, 07:50 WIB
|
EditorErvan Hardoko

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebuah laporan PBB menyebut hampir pasti serangan terhadap perahu pengangkut pengungsi di perairan Yaman pada Maret lalu dilakukan koalisi Arab Saudi.

Sebuah helikopter melepaskan tembakan ke arah perahu yang mengangkut 140 orang sehingga menewaskan 42 orang dan melukai 34 orang lainnya.

Dalam laporan yang dibaca kantor berita AFP, Rabu (26/7/2017), menyebutkan bahwa serangan tersebut merupakan pelanggaran undang-undang kemanusiaan internasional.

"Kapal sipil ini hampir pasti diserang dengan menggunakan senapan mesin kaliber 7,62 milimeter dari sebuah helikopter," demikian isi laporan yang disampaikan kepada panel pakar PBB pekan ini.

Baca: Serangan Udara Koalisi Saudi Salah Sasaran

"Koalisi pimpinan Arab Saudi adalah satu-satunya pihak dalam konflik ini yang memiliki kemampuan mengoperasikan helikopter semacam itu di kawasan tersebut," masih isi laporan.

Helikopter itu kemungkinan besar mengudara dari sebuah kapal angkatan laut koalisi pimpinan Arab Saudi yang mendukung pemerintah Yaman.

Laporan PBB itu menambahkan, meski panel PBB meminta, tetapi koalisi Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, dan 31 negara lainnya tak mau berbagi informasi soal insiden tersebut.

"Panel menilai bahwa serangan ini memunculkan pelanggaran hukum kemanusiaan internasional, sehingga mengancam perdamaian, keamanan, dan stabilitas Yaman," demikian laporan PBB itu.

Koalisi Arab Saudi sudah membantah telah melakukan operasi militer di perairan Hodeida saat kapal yang mengangkut pengungsi Somalia itu ditembaki.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.