Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Orang di Mumbai Tertimbun Bangunan Roboh

Kompas.com - 25/07/2017, 15:16 WIB

MUMBAI,  KOMPAS.com  - Sekitar 40 orang tertimbun puing-puing bangunan empat lantai yang ambruk di Mumbai, pusat keuangan India, Selasa (25/7/2017).

Belum diketahui bagaimana kondisi mereka karena regu penyelamat masih melancak posisi mereka. Tidak terdengar suara permintaan tolong yang datang dari bawah puing-puing bangunan di daerah Ghatkopar, pinggiran utara Mumbai.

Petugas pemadam kebakaran kota Mumbai, Prabhat Rahangdale, mengatakan, sembilan orang telah diselamatkan namun puluhan lainnya diyakini hilang di bawah reruntuhan bangunan.

Baca: Bangunan Runtuh Tewaskan 11 Orang di India

“Lantai dasar dan empat lantai di atasnya ambruk, sekitar 30 sampai 40 orang diduga tertimbun di bawahnya. Sampai saat ini sembilan orang yang selamat dikirim ke rumah sakit," kata Rahangdale, seperti dilaporan kantor berita Perancis, AFP.

Tanaji Kamble, juru bicara manajemen bencana otoritas sipil Mumbai, mengatakan, tidak ada laporan korban tewas dan sembilan orang yang dirawat di rumah sakit menderita luka ringan.

"Tim penyelamat kami melakukan operasi pencarian untuk membantu orang-orang yang terjebak di dalamnya," katanya.

Bangunan bertingkat roboh adalah hal yang biasa terjadi di India, terutama pada musim hujan yang biasanya berlangsung dari akhir Juni hingga September.

Baca: Gedung 13 Lantai di Pune Ambruk, 8 Pekerja Tewas

Jutaan warga India dipaksa untuk tinggal di properti yang sempit dan rapuh karena meroketnya harga jual di lingkungan real estat dan kurangnya perumahan bagi penduduk miskin.

Sebuah bangunan tak layak menewaskan 12 orang ketika ambruk di luar Mumbai pada Agustus 2015.

Sembilan orang meninggal pada bulan yang sama saat bangunan tiga lantai lainnya roboh akibat hujan monsun di Thakurli, pinggiran Mumbai.

Sedikitnya empat orang tewas dalam dua insiden pada April dan Agustus 2016 setelah bangunan ambruk di kota tersebut.

Baca: Sebuah Gedung Apartemen di Mumbai Runtuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com