Kompas.com - 20/07/2017, 09:46 WIB
|
EditorPascal S Bin Saju

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Sentator AS paling vokal, John McCain, yang juga mantan tawanan perang dan calon Presiden Partai Republik 2008, telah didiagnosis menderita kanker otak.

Berita yang mengejutkan itu dirilis oleh kantor McCain pada Rabu (19/7/2017) waktu setempat sebagimana diteruskan oleh kantor berita Perancis, AFP, Kamis (20/7/2017) pagi.

Anggota parlemen asal Arizona dan kini berusia 80 tahun itu menjalani operasi untuk mengeluarkan gumpalan darah beku dari atas mata kirinya, minggu lalu.

Hasil tes "mengungkapkan bahwa tumor otak primer yang dikenal sebagai glioblastoma berkaitan dengan gumpalan darah beku itu," kata pihak Mayo Clinic di Phoenix, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor McCain.

Baca: John McCain Sebut Kim Jong Un “Anak Tambun yang Gila"

"Senator dan keluarganya sedang mengkaji opsi pengobatan lebih lanjut," kata pernyataan tersebut sambil menambahkan, mungkin termasuk memilih kombinasi antara kemoterapi dan radiasi.

Glioblastoma adalah tumor otak yang sangat agresif yang menggerogoti orang dewasa. Kanker dengan kategori yang sama telah menyebabkan kematian Senator AS lainnya, yakni Ted Kennedy, yang meninggal pada 2009 diu usia 77 tahun.

Ini bukan pertarungan pertama McCain melawan kanker. Dokter telah mengangkat beberapa melanoma maligna pada kulit McCain pada tahun 1990an dan 2000an, termasuk melanoma invasif pada tahun 2000.

Baca: Senator John McCain Setuju Solusi Dua Negara Israel dan Palestina

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.