Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senator John McCain Didiagnosis Menderita Kanker Otak

Kompas.com - 20/07/2017, 09:46 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Sentator AS paling vokal, John McCain, yang juga mantan tawanan perang dan calon Presiden Partai Republik 2008, telah didiagnosis menderita kanker otak.

Berita yang mengejutkan itu dirilis oleh kantor McCain pada Rabu (19/7/2017) waktu setempat sebagimana diteruskan oleh kantor berita Perancis, AFP, Kamis (20/7/2017) pagi.

Anggota parlemen asal Arizona dan kini berusia 80 tahun itu menjalani operasi untuk mengeluarkan gumpalan darah beku dari atas mata kirinya, minggu lalu.

Hasil tes "mengungkapkan bahwa tumor otak primer yang dikenal sebagai glioblastoma berkaitan dengan gumpalan darah beku itu," kata pihak Mayo Clinic di Phoenix, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor McCain.

Baca: John McCain Sebut Kim Jong Un “Anak Tambun yang Gila"

"Senator dan keluarganya sedang mengkaji opsi pengobatan lebih lanjut," kata pernyataan tersebut sambil menambahkan, mungkin termasuk memilih kombinasi antara kemoterapi dan radiasi.

Glioblastoma adalah tumor otak yang sangat agresif yang menggerogoti orang dewasa. Kanker dengan kategori yang sama telah menyebabkan kematian Senator AS lainnya, yakni Ted Kennedy, yang meninggal pada 2009 diu usia 77 tahun.

Ini bukan pertarungan pertama McCain melawan kanker. Dokter telah mengangkat beberapa melanoma maligna pada kulit McCain pada tahun 1990an dan 2000an, termasuk melanoma invasif pada tahun 2000.

Baca: Senator John McCain Setuju Solusi Dua Negara Israel dan Palestina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com