Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan yang Pakai Rok Mini di Arab Saudi Sudah Ditahan

Kompas.com - 19/07/2017, 06:12 WIB

RIYADH, KOMPAS.com – Seorang perempuan Arab Saudi ditahan setelah ia muncul dalam video yang menunjukkan bahwa ia berjalan-jalan dengan memakai rok mini di sebuah situs sejarah.

Kepolisian Arab Saudi menahannya untuk menjalani pemeriksaan. Dalam beberapa video yang dibagikan di Snapchat akhir pekan lalu,  perempuan itu berjalan tanpa kerudung dan memakai rok mini.

Video-video tersebut menimbulkan kontroversi di negara kerajaan tersebut yang memberlakukan dengan ketat aturan berpakaian ultrakonservatif bagi kaum perempuan.

Baca: Arab Saudi Selidiki Video Perempuan Pakai Rok Mini

Laporan-laporan media setempat menyebutkan perempuan muda, yang menggunakan nama Model Khulood di akun daring tersebut, mengaku kepada polisi bahwa ia memang mengunjungi tempat tersebut dengan seorang wali laki-laki.

Namun ia membantah bahwa ia sendiri yang mengunggah video itu.

Kasus ini dilaporkan sudah diajukan ke Kejaksaan Agung yang akan memutuskan apakah perempuan itu akan dikenai dakwaan.

Dalam video, Khulood tampak menyusuri jalan yang kosong di situs Desa Warisan Ushayqir, Provinsi Najd, sekitar 155km ke arah utara dari Riyadh, ibu kota Arab Saudi.

Baca: Putri Arab Saudi Ini Pilih Kenakan Busana Modern

Kemunculan video perempuan dengan rok mini dan atasan pendek tanpa mengenakan pakaian longgar, seperti abaya, menyulut perdebatan sengit di media sosial Arab.

Sebagian dari pengguna menginginkan ia ditangkap karena melanggar aturan berpakaian yang ketat di negara kerajaan yang ultrakonservatif.

Di sisi lain, ada pula yang berkeras bahwa Khulood berhak mengenakan pakaian yang dia inginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com