Kompas.com - 18/07/2017, 18:05 WIB
|
EditorErvan Hardoko

MOGADISHU, KOMPAS.com - Kondisi miskin dan dikoyak perang tak menghalangi pemerintah Somalia memberikan uang pensiun yang cukup besar untuk mantan presidennya.

Hassan Sheikh Mohamud yang memerintah Somalia pada 2012-2017 yang kini tinggal di Tanzania akan menerima pensiun sebesar 40.000 dolar AS atau setara dengan Rp 532 juta sebulan.

Jumlah uang pensiun itu diharapkan bisa menutup biaya pengamanan, biaya hidup, ongkos bepergian serta kebutuhan lain bagi keluarga Mohamud.

Menteri Informasi Adbirahman Osman mengatakan, keputusan itu diambil usai rapat kabinet yang juga membahas masalah amandemen undang-undang media dan aturan hukum baru untuk melawan terorisme.

Baca: Disangka Teroris, Menteri Somalia Tewas Ditembak Tentara Pemerintah

"Mantan presiden Mohamud sudah menerima besaran pensiun ini dan keputusan kabinet ini sudah diajukan ke parlemen untuk persetujuan," lanjut Osman.

Hassan Sheikh Mohamud kalah dalam pemilihan presiden pada 8 Februari lalu yang digelar di sebuah hangar bandara internasional Mogadishu.

Dia dikalahkan Mohamed Abdullahi Mohamed atau akrab disebut Farmajo dalam putaran kedua pemilihan.

Dalam putaran kedua itu Farmajo mendapatkan suara dari 257 anggota parlemen dan 54 orang senator.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.