Kompas.com - 17/07/2017, 15:21 WIB
EditorErvan Hardoko

OTTAWA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bertemu dengan seorang bayi yang menggunakan namanya.

Orangtua si bayi yang adalah pengungsi Suriah itu menggunakan nama sang perdana menteri untuk anak mereka sebagau ucapan terima kasih atas kebijakan Kanada menerima pengungsi.

Bayi laki-laki berusia dua bulan, bernama lengkapnya Justin Trudeau Adam Bilan, tertidur saat sang perdana menteri memeluknya dalam sebuah acara di kota Calgary, Sabtu (15/7/2017) waktu setempat.

Baca: Justin Trudeau Sapa Masyarakat Indonesia Lewat "Vlog" bareng Jokowi

Anak laki-laki itu lahir pada Mei lalu di Calgary, beberapa bulan setelah orangtuanya dan dua anak mereka melarikan diri dari Suriah yang dilanda perang.

Pasangan suami-istri, Muhammad dan Afraa Bilan, orangtua bayi Justin Trudeau, berasal dari Damaskus, ibu kota Suriah.

Ketika mereka tiba di Montreal pada Februari tahun lalu, Trudeau tidak menyambut mereka di bandara, seperti yang dilakukannya saat menemui pengungsi Suriah lainnya.

Meski demikian, mereka mengaku harus berterima kasih kepada sang perdana menteri, sehingga mereka memberi nama Justin Trudeau untuk bayi laki-laki mereka.

Antara November 2015, ketika Trudeau beru menjadi perdana menteri, hingga Januari 2017, lebih dari 40.000 pengungsi Suriah telah dimukimkan kembali di Kanada. Sekitar 1.000 orang dari mereka pindah ke Calgary.

Pada akhir Januari, setelah Presiden AS Donald Trump melarang kehadiran migran dari tujuh negara berpenduduk mayoritas Muslim, Trudeau menegaskan pemerintahannya berkomitmen untuk membantu orang-orang yang melarikan diri dari penganiayaan, teror, dan perang.

Di Ontario pada Februari lalu, pasangan Suriah lainnya juga menamai bayi mereka dengan nama Justin Trudeau sebagai penghormatan kepada sang perdana menteri.

Baca: Saat Obama dan Justin Trudeau "Nongkrong" Santai di Montreal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.