Kompas.com - 16/07/2017, 16:37 WIB
EditorPascal S Bin Saju

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Maryam Mirzakhani, perempuan pertama yang meraih penghargaan tertinggi  Fields Medal, penghargaan di bidang matematika  yang setara dengan dengan hadiah Nobel, telah meninggal dunia di Amerika Serikat, Sabtu (15/7/2017).

Maryam Mirzakhani, berusia 40 tahun, dan merupakan profesor di Universitas Stanford, menderita kanker payudara yang telah menyerang tulangnya.

Dijuluki sebagai "Nobel Matematika", Fields Medal hanya diberikan setiap empat tahun kepada antara dua dan empat ahli matematika yang berusia di bawah 40 tahun.

Penghargaan itu diberikan secara khusus kepada Mirzakhani pada 2014 untuk keahliannya di bidang geometri dan sistem dinamika yang kompleks.

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan kematian Mirzakhani merupakan "kesedihan yang luar biasa," demikian laporan media pemerintah Iran.

Baca: Profesor Asal Iran Jadi Perempuan Pertama Penerima Penghargaan Tertinggi di Bidang Matematika

Sementara, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan kematiannya menyebabkan kesedihan bagi semua orang Iran.

"Lampu telah kami padamkan hari ini. Hatiku sangatlah hancur... " tulis ilmuwan Iran, Firouz Naderi, dalam akun Instagramnya.

Dia kemudian menambahkan dalam akun Instagramnya: "Dia jenius? Ya, memang. Tapi mendiang juga seorang perempuan, seorang ibu dan seorang istri."

Mirzakhani dan suaminya, ilmuwan Ceko Jan Vondrak, memiliki satu anak perempuan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.