Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Bus di Ekuador, 14 Orang Tewas dan 30 Orang Cedera

Kompas.com - 16/07/2017, 07:36 WIB

QUITO, KOMPAS.com - Empat belas orang tewas dan 30 lainnya cedera dengan seorang di antaranya kritis akibat sebuah bus yang melaju kencang di jalan raya di Ekuador tengah mengalami kecelakaan dan terbakar, kata pihak berwenang Sabtu (15/7/2017).

Kecelakaan itu pada Jumat (14/7/2017) pukul 22.00 waktu setempat, demikian dikatakan kolonel polisi Cristian Barreiro dalam sebuah video yang dirilis oleh dinas darurat Ecu911.

Lokasi kecelakaan berada di ruang jalan yang menghubungkan Quito, ibu kota Ekuador, dan La Mana, Andean, seperti dilaporkan kantor berita Perancis, AFP.

Kepala Badan Angkutan Nasional, Pablo Calle, memerintahkan agar operator kendaraan dikenai sanksi dengan mengatakan bahwa bus tersebut tidak laik jalan karena tidak didahulu dengan pemeriksaan yang ketat. Bus itu "tidak seharusnya beroperasi di jalan-jalan di Ekuador."

Baca: Kecelakaan Bus Renggut 20 Nyawa, Presiden Ekuador Pun Bicara

Korban selamat dilarikan ke rumah sakit di Quito dan provinsi Santo Domingo, sementara pihak berwenang mengatakan bahwa mereka sedang mengidentifikasi korban tewas tersebut.

Menteri Kesehatan Veronica Espinosa mengatakan bahwa dari 30 korban luka-luka tersebut, 16 telah diperolehkan pulang.

Sedangkan 14 orang lagi menjalani rawat inap dengan salah satu di antaranya dalam perawatan intensif. Sedangkan 30 orang lagi selamat.

"Saya menyampakan ucapan turut berdukacita dengan sepenuh hati kepada keluarga para korban," tulis Presiden Lenin Moreno di Twitter. "Di tengah duka ini, semoga Anda mendapatkan kedamaian di hati Anda."

Baca: Bus Masuk Jurang, 26 Tewas

Kecelakaan angkutan jalan merupakan penyebab utama kematian di Ekuador. Awal tahun ini, 20 orang tewas dalam kecelakaan yang melibatkan tiga kendaraan di jalan di daerah pesisir negara itu. Dalam insiden terpisah 11 tewas di luar Quito ketika sebuah bus terjun ke jurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com