Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Kematian Pempimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi

Kompas.com - 12/07/2017, 18:29 WIB

KOMPAS.com - Laporan tentang kematian pemimpin kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakar al-Baghdadi muncul lagi setelah Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) mengonfirmasinya, Selasa (11/7/2017).

Sebelumnya, dia sudah berulangkali dilaporkan tewas oleh berbagai media asing. Bahkan, kantor berita resmi ISIS, Amaq, juga sudah mengakui bahwa Baghdadi sudah tewas.

Walau demikian, rincian tentang kematian Baghdadi itu sendiri belum jelas, misalnya kapan, di mana, dan bagaimana dia tewas, dan siapakah pihak yang membunuhnya.

Ini beberapa hal yang perlu kita ketahui atau apa yang sudah kita ketahui hingga sejauh ini terkait dengan isu kematian Baghdadi tersebut?

Informasih yang simpang siur, mana yang dapat dijadikan rujukan?

Konfirmasi yang diberikan SOHR merujuk pada sumber-sumber mereka yang layak dipercaya, bahkan satu sumber di antaranya berada di lingkaran pertama di wilayah yang dikuasai ISIS di Suriah, sebagaimana dilaporkan The Independent, Selasa (11/7/2017).

Baca: SOHR Pastikan Baghdadi Sudah Tewas, AS dan Sekutunya Masih Ragu

Sebelumnya, 16 Juni 2017, Kementerian Keamanan Rusia juga mengumumkan bahwa Baghdadi sudah tewas dalam sebuah serangan udara Rusia di dekat Raqqa, Suriah utara, akhir Mei.

Dalam sebuah pernyataan dari pasukan keamanan Irak, pejabat mengatakan, "Jet tempur Irak telah menyasar konvoi Baghdadi ketika mereka bergerak keluar menuju Karabla, untuk menghadiri pertemuan para pemimpin teroris Daesh (ISIS)."

Sementara laporan yang dikonfirmasi oleh SOHR menyebutkan, Baghdadi tewas dalam sebuah serangan di Deir Ezzor, Suriah timur.  

SOHR tidak menyebutkan, pasukan mana yang membunuh Baghdadi. Laporan Amaq mengatakan, Baghdadi telah dibunuh oleh serangan koalisi AS, lima hari setelah Ramadhan lalu dimulai.

Kantor berita yang memiliki kaitannya dengan ISIS itu menambahkan, Baghdadi memiliki tiga istri, yakni satu warga Suriah dan dua Irak.

Pejabat Turki kepada The Independent, Selasa (11/7/2017), menyebutkan, mereka telah menerima laporan bahwa Baghdadi sudah tewas.

Baca: Rusia Konfirmasi Abu Bakar al-Baghdadi Dipastikan Tewas

Pentagon, Kurdi Suriah, dan pejabat Irak mengaku tidak dapat memastikan laporan SOHR, tetapi juga tidak menolak klaim organisasi pegiat HAM Suriah itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com