Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SOHR Pastikan Baghdadi Sudah Tewas, AS dan Sekutunya Masih Ragu

Kompas.com - 12/07/2017, 11:07 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Organisasi Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR), yang selama ini belum bersuara atas klaim kematian Abu Bakr Al-Baghdadi, Selasa (11/7/2017), mengonfirmasi bahwa pemimpin teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) itu sudah tewas.

Kematian Baghdadi telah terkonfirmasi, demikian SOHR, dalam sebuah pernyataan seperti dirilis harian The Independent, Selasa (11/7/2017).

“(Kamis sudah) mengonfirmasi informasi dari para pemimpin, termasuk dari satu orang yang berada di lingkaran pertama, di (teritori ISIS) di bagian timur Deir Ezzor," kata Rami Abdul Rahman, Ditektur SOHR yang berbasis di London, Inggris, kepada Reuters.

Sedangkan sumber-sumber SOHR juga tidak mengatakan kapan Baghdadi diperkirakan mati.

Namun, laporan resmi telah muncul pada Juni lalu dari kantor berita Amaq, media resmi kelompok ISIS, bahwa pemimpin mereka, Abu Bakr al-Baghdadi, telah tewas.

Baca: Rusia Konfirmasi Abu Bakar al-Baghdadi Dipastikan Tewas

Media tersebut mengklaim, pemimpin ISIS itu "dibunuh oleh serangan udara koalisi (Amerika) di Raqqa pada hari kelima Ramadhan", yang berarti serangan pada 10 Juni.

SOHR mengatakan, Baghdadi diduga telah dibunuh dalam sebuah serangan di Deir Ezzor, yang terjadi dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini.

Sumber-sumber di Pentagon, Kurdi, dan Irak dengan cepat mengakatan bahwa mereka tidak dapat memastikan laporan SOHR itu.

Sebastian Gorka, Wakil Asisten Presiden Donald Trump, dalam sebuah wawancara dengan Fox News tak lama setelah klaim SOHR itu muncul, mengatakan, “Kami menerima setiap laporan terkait kasus ini, tetapi dengan penuh keragua.”

"Kami akan memverifikasinya .... dan kami akan memberikan pernyataan ketika kami memiliki bukt-bukti yang cukup,” katanya lagi.

Baca: Ini Kronologi Serangan Rusia Diduga Bunuh Abu Bakar al-Baghdadi

Pada pertengahan Juni 2017, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa militer negaranya sudah mengonfirmasi bahwa pemimpin Baghdadi  dipastikan tewas.

Kepastian itu didasarkan pada hasil pemeriksaan informasi mengenai serangan udara yang dilakukan pada 28 Mei 2017, yang menarget pertemuan “dewan militer” ISIS di pinggiran kota Raqqa, Suriah utara.

"Menurut informasi yang sekarang diperiksa melalui berbagai saluran, turut hadir dalam pertemuan itu adalah pemimpin ISIS, yaitu Abu Bakar al-Baghdadi, yang telah tewas sebagai hasil serangan udara tersebut," demikian informasi pihak Rusia itu melalui media sosial, Facebook.

Sebelumnya Kementerian Pertahanan Rusia belum sepenuhnya yakin, dan mengaku "sedang mengecek informasi" tentang sebuah serangan udara negaranya di dekat Raqqa, Suriah, yang kemungkinan membunuh pemimpin ISIS, akhir Mei 2017.

Baca: ISIS Akui Baghdadi Tewas, seperti Apa Sosok Pemimpin Teroris Itu

AS memberikan hadiah 25 juta dollar untuk penangkapan Baghdadi – hadiah yang sama ditawarkan saat memburu pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, dan penggantinya Ayman al-Zawahri.

Belum diketahui apakah ada individu atau organsasi yang bisa memberikan informasi berharga dan akan mendapat hadiah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com