Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump dan Putin Gelar Pertemuan Bilateral Pertama

Kompas.com - 08/07/2017, 07:47 WIB

HAMBURG, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, sudah bertemu untuk pertama kalinya di sela-sela pertemuan puncak G20 di Hamburg, Jerman.

Keduanya awalnya berjabat tangan saat acara pembukan resmi, Jumat (7/7/2017), waktu setempat. Setelah itu mereka menggelar pertemuan bilateral pertamanya, yang disebut ingin memulihkan hubungan yang terganggu dengan dugaan Rusia campur tangan dalam pemilihan Pilpres AS tahun lalu.

Trump mengatakan adalah kehormatan baginya untuk bertemu dengan Putin, yang pada gilirannya menyatakan gembira bisa bertemu secara langsung dengan Trump.

"Kami melakukan pembicaraa yang amat, amat baik. Kami berbicara sekarang dan jelas akan terus berlangsung. Kami menanti banyak hal positif yang terjadi untuk Rusia, AS, dan semua yang berkepentingan," jelas Trump.

Sebelum menggelar pertemuan bilateral, Trump da Putin, sudah bertemu untuk pertama kalinya di sela-sela pertemuan puncak G20 di Hamburg, Jerman.

Di balik pertemuan ini, BBC mencoba membandingkan kedua pemimpin tersebut dalam berbagai aspek.

Puncak kekuasaan

Perbedaan besar antara kedua pemimpin negara adi daya ini adalah pada masa lalu sebelum menjabat presiden.

Baca: Trump Jabat Tangan dan Tepuk Punggung Putin

Vladimir Putin menghabiskan waktunya sebagai mata-mata di masa perang dingin dan sedang bertugas sebagai agen di Jerman Timur ketika negara komunis tersebut ambruk.

Dia biasanya beroperasi di balik panggung dan tetap tidak tampil besar-besaran ketika menjabat wali kota St Petersburg tahun 1990-an, sebelum memimpin badan intelijen FSB dan menjadi presiden, perdana menteri, serta kembai lagi ke kursi presiden.

Praktis berkuasa sejak tahun 2000, Putin memiliki reputasi sebagai 'pejuang jalanan' yang bisa dilacak ke masa ketika ia besar di blok perumahan komunal di Leningrad.

Dia mengatakan bahwa tahun-tahun itu mengajarkannya 'jika perkelahian tak bisa dihindari, Anda harus melepas pukulan pertama'.

Sebagai perbandingan kontras, Trump lahir dari keluarga berada sebagai putra dari taipan properti di New York.

Dia berhasil bebas dari dinas wajib militer pada masa Perang Vietnam dan memulai bisnis sendiri dengan pinjaman 1 juta dollar dari ayahnya dengan membangun kerajaan properti, hotel, dan hiburan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com