Kompas.com - 05/07/2017, 21:04 WIB
EditorPascal S Bin Saju

WARSAWA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengharapkan sambutan hangat saat kedatangannya Warsawa, di ibu kota Polandia, Rabu (5/7/2017).

Negara tersebut menjadi perhentian pertama Trump dalam misi diplomatik empat harinya ke Eropa, termasuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelompok 20 (G20) di Hamburg, Jerman.

Baca: Delapan Negara Ini Paling Ketar-ketir terhadap Donald Trump

Namun, pemimpin AS itu menghadapi keprihatinan yang berlarut-larut di benua tersebut terkait kebijakan-kebijakannya, termasuk komitmennya terhadap Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), keputusannya untuk mundur dari kesepakatan iklim Paris, dan pujiannya di masa lalu terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Trump akan menyampaikan pidato pertamanya di lapangan Krasinski di Warsawa, sebuah kawasan yang menjadi simbol perlawanan rakyat Polandia terhadap pemerintahan totaliter.

Gedung Putih mengatakan, Trump akan menegaskan kembali komitmennya terhadap prinsip-prinsip pertahanan bersama NATO.

Baca: Presiden Donald Trump Dipastikan Hadir di KTT NATO

Meski demikian, Trump juga akan mengungkapkan kembali tuntutannya terhadap negara-negara anggota NATO untuk berkontribusi lebih besar dalam menanggung beban finansial aliansi itu.

Lebih dari 3.000 tentara AS ditempatkan di Polandia sebagai bagian dari pengerahan pasukan NATO untuk mengonter agresi Rusia di Ukraina.

Analis politik dari Universitas Warsawa, Zbigniew Lewicky, mengatakan, Polandia menginginkan jaminan dari AS untuk mempertahankan pasukannya di negara mereka dan mematuhi Pasal 5 Kesepakatan NATO yang dicapai di Washington DC, yang membantu negara-negara anggota sewaktu dibutuhkan. 

Baca: Kremlin: Jumat, Putin dan Trump Bertemu di Hamburg

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.