Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milisi Dukungan AS Sukses Tembus Tembok Kota Tua Raqqa

Kompas.com - 04/07/2017, 11:01 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pasukan milisi dukungan AS di Suriah berhasil membobol tembok yang mengelilingi Kota Tua Raqqa dalam upaya mereka merebut kota itu dari tangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Pasukan koalisi mendukung SDF yang maju ke wilayah berbenteng di kota Raqqa dengan membuat dua celah kecil di Tembok Rafiqah yang mengelilingi kota tua," demikian Komando Sentral AS, Senin (3/7/2017) malam.

Pasukan milisi dukungan AS untuk pertama kali menyerang Raqqa dari sisi selatan kota itu pada Minggu (2/7/2017), menyeberangi Sungai Efrat untuk masuk ke Kota Tua.

Baca: Milisi SDF Potong Jalur Pelarian Terakhir ISIS dari Kota Raqqa

Tentara Demokratik Suriah (SDF) menghadapi perlawanan sengit dari ISIS di tembok kota tua yang menggunakannya sebagai posisi tempur dan memasang ranjau serta bom rakitan untuk memperlambat laju SDF.

"Kesuksesan membuka celah di tembok kota membuat pasukan koalisi dan rekan-rekannya bisa menembus bagian Kota Tua menghindari ranjau dan bom rakitan ISIS," masih kata Komando Sentral AS.

"Selain itu, pemilihan lokasi ini melindungi banyak anggota pasukan SDF dan warga sipil sekaligus menjaga keutuhan sebagian besar tembok kota tua," tambah Komando Sentral.

Dua celah itu berukuran masing-masing 25 meter, hanya bagian kecil dari total keseluruhan tembok sepanjang 2.500 meter.

Menurut pasukan koalisi, sebanyak 2.500 anggota ISIS mempertahankan kota Raqqa yang didaulat sebagai ibu kota Kekalifahan ISIS.

ISIS menduduki Raqqa pada 2014 dan tiga tahun lalu dideklarasikan sebagai ibu kota Kekalifahan bentukan ISIS.

Baca: Tembus Pertahanan ISIS, Pemberontak Suriah Masuk ke Kota Raqqa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com