Kompas.com - 04/07/2017, 11:01 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pasukan milisi dukungan AS di Suriah berhasil membobol tembok yang mengelilingi Kota Tua Raqqa dalam upaya mereka merebut kota itu dari tangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Pasukan koalisi mendukung SDF yang maju ke wilayah berbenteng di kota Raqqa dengan membuat dua celah kecil di Tembok Rafiqah yang mengelilingi kota tua," demikian Komando Sentral AS, Senin (3/7/2017) malam.

Pasukan milisi dukungan AS untuk pertama kali menyerang Raqqa dari sisi selatan kota itu pada Minggu (2/7/2017), menyeberangi Sungai Efrat untuk masuk ke Kota Tua.

Baca: Milisi SDF Potong Jalur Pelarian Terakhir ISIS dari Kota Raqqa

Tentara Demokratik Suriah (SDF) menghadapi perlawanan sengit dari ISIS di tembok kota tua yang menggunakannya sebagai posisi tempur dan memasang ranjau serta bom rakitan untuk memperlambat laju SDF.

"Kesuksesan membuka celah di tembok kota membuat pasukan koalisi dan rekan-rekannya bisa menembus bagian Kota Tua menghindari ranjau dan bom rakitan ISIS," masih kata Komando Sentral AS.

"Selain itu, pemilihan lokasi ini melindungi banyak anggota pasukan SDF dan warga sipil sekaligus menjaga keutuhan sebagian besar tembok kota tua," tambah Komando Sentral.

Dua celah itu berukuran masing-masing 25 meter, hanya bagian kecil dari total keseluruhan tembok sepanjang 2.500 meter.

Menurut pasukan koalisi, sebanyak 2.500 anggota ISIS mempertahankan kota Raqqa yang didaulat sebagai ibu kota Kekalifahan ISIS.

ISIS menduduki Raqqa pada 2014 dan tiga tahun lalu dideklarasikan sebagai ibu kota Kekalifahan bentukan ISIS.

Baca: Tembus Pertahanan ISIS, Pemberontak Suriah Masuk ke Kota Raqqa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.