Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mugabe Lelang 300 Ekor Sapi untuk Sumbang Uni Afrika

Kompas.com - 04/07/2017, 10:48 WIB

ADDIS ABABA, KOMPAS.com - Zimbabwe melelang ternak sapi senilai 1 juta dolar atau sekitar Rp 13 miliar sebagai sumbangan untuk Uni Afrika (AU).

Menurut Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, sumbangan itu akan membantu AU dalam upaya mengakhiri sindrom ketergantungan pada donor.

Sebanyak 300 ekor sapi, tambah Mugabe, adalah ternak miliknya dan warga Zimbabwe. Sisanya adalah sumbangan warga Zimbabwe yang menurut Mugabe karena mereka ingin memberi sumbangan untuk 'tujuan mulia'.

Cek 'raksasa' senilai 1 juta dolar AS itu diserahkan langsung Mugabe saat pertemuan puncak AU di Addis Ababa, Etiopia, yang berakhir pada Selasa (4/7/2017).

Baca: Mugabe Tertidur, Usai Sebut Zimbabwe Bukan Negara Gagal

Saat menyerahkan cek, Presiden Mugabe mengatakannya sebagai 'sumbangan sederhana' dan merupakan 'langkah simbolik' untuk membantu mengakhiri 'sindrom ketergantungan pada donor' di Afrika.

Dia juga menyebutnya sebagai hal penting untuk memperlihatkan AU bisa menemukan cara yang inovatif dalam menggalang dana bagi proyek-proyeknya.

Sumbangan yang cukup besar itu diberikan Mugabe di tengah-tengah langkanya uang tunai dan krisis pangan di negara itu.

Tahun lalu, lebih dari empat juta warga Zimbabwe memerlukan bantuan pangan karena curah hujan yang tidak cukup untuk mengairi pertanian.

Namun tahun ini panen dilaporkan baik dan Zimbabwe diperkirakan akan berada dalam posisi mampu memenuhi kebutuhan pangan sendiri untuk pertama kalinya.

Kubu oposisi sempat menuduh pemerintah bertanggung jawab atas kekurangan pangan karena kebijakan Presiden Mugabe dalam menerapkan reformasi agraria mempengaruhi sektor pertanian.

Pria berusia 93 tahun ini menjabat presiden sejak tahun 1987 setelah menjabat perdana menteri sejak tahun 1980.

Baca: Negara Kekurangan Uang, Tentara Zimbabwe Terlambat Gajian

Menteri Keuangan Zimbabwe, Simbarashe Mumbengegwi mengatakan, sebagian besar sapi yang dilelang berasal dari para peternak yang mendapat keuntungan dari reformasi tersebut, seperti diberitakan koran pemerintah Herald.

Sapi merupakan harta berharga di kalangan warga pedesaan di Afika dan kemakmuran keluarga dilihat dari seberapa banyak jumlah sapi yang dimiliki seseorang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com