Kompas.com - 01/07/2017, 15:05 WIB
|
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendeklarasikan bahwa "era kesabaran strategis" menghadapi Korea Utara sudah berakhir.

Trump menambahkan, Amerika Serikat akan selalu berusaha mempertahankan diri dan sekutunya dari serangan rezim Korea Utara.

Dalam jumpa pers di Taman Mawar, Gedung Putih bersama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Trump menyebut Korea Utara sebagai pengganggu yang tak menghargai kehidupan.

Baca: Presiden Trump Sebut Korea Utara Sebagai Rezim Brutal

"Kami mendesak agar Korea Utara memilih jalan yang benar dan lakukan dengan cepat," ujar Trump, Jumat (30/6/2017).

Sudah beberapa kali Trump melontarkan kecaman terhadap pemerintah Korea Utara antara lain menyebutnya sebagau "rezim brutal" setelah kematian mahasiswa Otto Warmbier.

"Era kesabaran strategis sudah dalam menghadapi rezim Korea Utara sudah habis dan terus terang kesabaran kami sudah habis," kata Trump.

"Tujuan kami hanyalah perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan itu tetapi Amerika Serikat selalu akan mempertahankan diri dan para sekutunya," Trump menegaskan.

Trump juga menyinggung kematian mahasiswa Otto Warmbier yang sempat ditahan 18 bulan di Korea Utara setelah dituduh menjadi mata-mata.

"Amerika Serikat menyerukan kepada seluruh negara di dunia untuk menjatuhkan sanksi dan menuntut rezim Korea Utara memilih jalan yang benar demi kebaikan rakyatnya yang sudah lama menderita," Trump menegaskan.

Tak lupa Trump melontarkan pujian soal aliansi antara Amerika Serikat dan Korea Selatan sebagai sebuah batu penjuru perdamaian dan keamanan di bagian dunia yang paling rentan itu.

Baca: Menhan AS: Korea Utara adalah Masalah Bersama

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Telegraph


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.