Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrem, Shalat Id Dimulai Subuh, 1.000 WNI Berdoa untuk Qatar

Kompas.com - 25/06/2017, 17:43 WIB

DOHA, KOMPAS.com - Komunitas Indonesia di Qatar berdoa agar konflik diplomatik antara Qatar dan negara-negara anggota GCC (Dewan Kerja Sama Teluk) segera berakhir damai.

Doa itu dipanjatkan 1.000-an warga Indonesia di Doha, Qatar yang memadati Lapangan Grand Hamad Stadium, Al Arabi Sports Club, guna menunaikan salat Idul Fitri Minggu, (25/6/2017).

Rangkaian shalat Id dilakukan sejak dini hari mulai pukul 04.30 guna menghindari suhu yang menyengat pada musim panas. 

Pada siang hari temperatur di Qatar mencapai 50 derajat Celsius. Demikian kabar yang dikutip dari siaran pers KBRI Qatar, yang diterima Kompas.com.

Pemerintah Qatar menghimbau melalui media cetak dan media sosial agar masyarakat menghindari kegiatan di luar rumah, sekiranya tidak ada keperluan mendesak.

Rangkaian acara dilaksanakan oleh KBRI Doha bekerja sama dengan Indonesia Muslim Society in Qatar (IMSQA) yang dipimpin Ustadz Abdullah dan Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) yang diketuai Edwin Kurniawan.

Permiqa merupakan wadah organisasi dari 51 ormas di Qatar yang memiliki  WNI sekitar 40.000 orang yang tersebar di berbagai kota di Qatar seperti Dukhan, Messaid, Wakrah, Alkhor dan Doha.

Selain itu hadir pula para ekspatriat dari manca negara seperti India, Pakistan, Bangladeh dan Srilanka serta beberapa warga Qatar. 

Untuk meramaikan acara, panitia menyediakan 1000 nasi kotak yang berasal dari sumbangan dari donatur dari WNI bagi para jemaah utamanya para WNI. 

Acara ini juga medapat penjagaan ketat dari pihak keamanan mengingat adanya konflik diplomatik antara Qatar dan negara-negara anggota GCC tersebut.

Bertindak selaku Imam adalah Ustadz Solahuddin dan Khatib, Ustadz Saharudin Sasaky, Lc, serta sambutan dari Ustaz Abdullah sebagai Ketua IMSQA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com