Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 140 Orang Tertimbun Tanah Longsor di China

Kompas.com - 24/06/2017, 14:02 WIB

BEIJING, KOMPAS.com – Regu penyelamat China, Sabtu (24/6/2017), berjuang keras mencari lebih dari 140 orang yang diduga tertimbun tanah longsor di sebuah desa di Provinsi Sichuan, China barat daya.

Beberapa bayi berhasil diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit setelah lebih dari 40 rumah di desa Xinmo, Sichuan, terimbun tanah longsor dari sebuah gunung di dekat permukiman.

Sedikitnya 141 orang dan 46 rumah terkubur longsor, sebagaimana dilaporkan media lokal China, dengan mengutip keterangan dari juru bicara  pemerintah daerah Maoxin.

Tanah longsor menutup jalan sepanjang lebih dari 1,6 km, demikian dilaporkan kantor berita Perancis, AFP, Sabtu ini.

Tim penyelamat menggunakan berbagai cara untuk memindahkan batu besar,  sementara puluhan orang lainnya membongkar puing-puing untuk mencari korban selamat.

 Baca: 41 Orang Hilang Ditimbun Tanah Longsor di China

Buldoser dan alat berat berat lainnya juga dikerahkan untuk menyingkirkan batu-batu besar. Petugas medis terlihat merawat seorang wanita di sebuah jalan.

Wang Yongbo, salah satu pejabat lokal yang bertanggung jawab atas upaya penyelamatan, mengatakan bahwa seorang korban berada dalam kondisi kritis.

"Ini adalah tanah longsor terbesar di daerah ini sejak gempa Wenchuan," katanya, mengacu pada bencana yang menewaskan 87.000 orang pada tahun 2008 di sebuah kota di Sichuan.

Kapten polisi setempat, Chen Tiebo, mengatakan hujan deras yang melanda kawasan tersebut akhir-akhir ini telah menjadi penyebab tanah longsor.

Sekitar 500 orang ikut serta dalam upaya penyelamatan, menurut CCTV.

Presiden Xi Jinping meminta tim penyelamat untuk "tidak berhenti melakukan usaha" dalam pencarian korban yang selamat, demikian CCTV.

Baca: Bencana Banjir di China Meluas, Lebih dari 200 Orang Tewas

or sering melanda daerah pedesaan dan pegunungan di China, terutama pada saat hujan lebat.

Sedikitnya 12 orang tewas pada Januari lalu ketika tanah longsor menghancurkan sebuah hotel di Provinsi Hubei tengah.

Pada Oktober 2016, tanah longsor melanda China timur setelah hujan lebat akibat Topan Megi, menyebabkan kerusakan yang meluas dan menewaskan setidaknya delapan orang.

Lebih dari 70 orang tewas akibat tanah longsor di daerah komersial Shenzhen pada Desember 2015, yang disebabkan oleh tempat penyimpanan limbah yang tidak tepat.

Salah satu tanah longsor yang paling mematikan terjadi pada tahun 1991, ketika itu 216 orang teas di provinsi Yunnan barat daya.

Baca: Tanah Longsor di Sichuan, 11 Keluarga Tertimbun Tanah 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com