Kompas.com - 22/06/2017, 18:58 WIB
EditorErvan Hardoko

DAMASKUS, KOMPAS.com - Serangkaian foto yang memperlihatkan warga kota Douma, di  pinggiran ibu kota Suriah, Damaskus, yang hancur lebur melaksanakan buka puasa bersama.

Warga kota yang terkepung itu berkumpul untuk berbuka puasa dalam satu meja berwarna-warni di antara puing serta reruntuhan bangunan. Foto-foto mengharukan ini menyita perhatian dunia.

Baca: Pasukan Koalisi AS Tembak Pesawat Tanpa Awak Buatan Iran di Suriah

Buka puasa bersama di tempat terbuka ini diselenggarakan Yayasan Adaleh Suriah, yang didirikan pada 2012 untuk membantu daerah-daerah yang terkena dampak di Ghouta timur yang dikuasai pemberontak.

Yayasan tersebut telah menyediakan hidangan berbuka puasa selama 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan.

"Kami biasanya berhati-hati saat menjadi penyelenggara acara semacam buka puasa ini karena khawatir jadi sasaran serangan udara. Namun, kami mengambil kesempatan dari kesepakatan peredaan ketegangan baru-baru ini," kata seorang petugas yayasan kemanusiaan yang berbasis di Turki tersebut kepada BBC.

Harga-harga makanan di Suriah melambung akibat perang. Makanan untuk berbuka puasa disiapkan di bagian lain wilayah Ghouta Timur dan dibawa ke Douma, yang telah dikepung selama empat tahun.

Bulan lalu, sebuah konvoi bantuan memasuki kota tersebut untuk pertama kalinya sejak Oktober 2016.

Kota Douma dikuasai kelompok pemberontak Jaysh al-Islam, dan telah diserang berulang kali pasukan pemerintah Suriah termasuk serangan udara dengan menggunakan bom curah dalam beberapa tahun terakhir.

Seorang warga kota yang menghadiri acara buka puasa itu mengatakan, ratusan orang datang ke tempat tersebut. Ia mengatakan, biasanya makan-makan seperti itu, akan dilakukan "sembunyi-sembunyi di masjid-masjid, karena takut ditembaki".

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.