Kompas.com - 22/06/2017, 13:10 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat dan China pada Rabu (21/6/2017) menggelar pembicaraan tingkat tinggi terkait masalah Korea Utara.

Usai pembicaraan itu, Menlu AS Rex Tillerson mengaakan, pemerintah AS berkomitmen untuk membuat Korea Utara bertanggung jawab atas sejumlah pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.

Baca: Presiden Trump Sebut Korea Utara Sebagai Rezim Brutal

Resolusi DK PBB yang dilanggar Korea Utara ini terutama adalah yang terkait larangan pengembangan program misil dan senjata nuklir.

Selain itu, kedua negara juga sepakat untuk menghentikan semua jenis bisnis dengan Korea Utara.

"Kami sepakat bahwa perusahaan-perusahaan kedua negara tak akan melakukan bisnis dengan semua entitas Korea Utara terkait pelanggaran resolusi PBB," ujar Tillerson.

Sementara itu, pemerintah China menegaskan posisinya yang mendukung Semenanjuk Korea yang bebas dari senjata nuklir.

Namun, masalah nuklir Korea Utara tetap harus diselesaikan lewat dialog. Demikian pernyataan resmi yang dirilis Kedubes China di Washington DC.

Selain itu, pemerintah China kembali menegaskan penolakannya terkait langkah AS yang memasang sistem pertahanan anti-rudal di Korea Selatan.

Baca: Korut Bebaskan Mahasiswa AS yang Dihukum 15 Tahun Kerja Paksa

Pembicaraan kedua negara ini digelar di Washington di saat situasi politik kembali memanas setelah Otto Warmbier (22) mahasiswa AS yang dibebaskan dari penjara Korut akhirnya meninggal dunia.

Warmbier yang telah menjalani 18 bulan dari masa hukuman kerja paksa 15 tahun itu dibebaskan dalam kondisi koma.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SCMP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.