Kompas.com - 21/06/2017, 21:38 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah jet militer NATO "mengganggu" pesawat Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dengan terbang mendekat di atas Laut Baltik.

Insiden itu terjadi pada Rabu (21/6/2017), seperti diwartakan kantor berita Rusia, Interfax yang dikutip AFP.

Disebutkan, pesawat tempur NATO mendekati pesawat Shoigu namun sebuah pesawat pendamping Rusia turun tangan untuk mempertahankannya.

Berita tersebut mengutip keterangan seorang wartawan yang menjadi saksi mata, karena berada bersama Shoigu di dalam pesawat. 

Pesawat pendamping, sebuah jet Sukhoi SU-27 pun langsung bertindak dan "mengusir" keberadaan jet tempur NATO tersebut. 

Sementara itu, jaringan televisi Rusia sempat menayangkan rekaman insiden tersebut, dan menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi di atas wilayah perairan netral.

Shoigu terbang ke Kaliningrad di kawasan Laut Baltik, untuk ikut serta dalam sebuah pertemuan dengan pejabat pertahanan di sana.

Pada pertemuan tersebut, dia memperingatkan bahwa situasi di dekat perbatasan barat Rusia cenderung memburuk. Demikian laporan yang dilansir kantor berita TASS.

"Ini terkait dengan meningkatnya aktivitas militer negara-negara NATO di Eropa," kata Shoigu.

Pertemuan tersebut dilakukan setelah NATO mengadakan latihan militer akhir pekan di Polandia, tepatnya di perbatasan Lithuania yang dekat dengan Kaliningrad.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.