Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militan Pro-ISIS Sandera Warga Sipil di Dekat Kota Marawi

Kompas.com - 21/06/2017, 17:28 WIB

MARAWI CITY, KOMPAS.com - Kelompok militan Islam disebut menyandera sejumlah orang di dalam sebuah gedung sekolah yang mereka duduki di sebuah desa di selatan kota Marawi, Rabu (21/6/2017).

Pada dini hari, ratusan orang bersenjata menyerang sebuah pos militer Filipina. Setelah terlibat baku tembak sebagian besar orang bersenjata itu mundur.

Baca: Terpaksa Hancurkan Kota Marawi, Presiden Duterte Minta Maaf

Namun, sekitar 30 orang dari mereka menduduki sebuah gedung sekolah dan menyandera sejumlah warga sipil.

"Saat ini mereka menyandera warga sipil dan menggunakan mereka sebagai tameng hidup," kata Kapten Arvin Encinas, juru bicara militer yang bertanggung jawab di kawasan tersebut.

Kapten Arvin menambahkan, para orang bersenjata itu juga menanam bom-bom rakitan di sekitar gedung sekolah yang mereka duduki itu.

"Sejauh ini kami belum mengetahui jumlah sandera dan apakah di antara sandera terdapat anak-anak," tambah Arvin.

Penyanderaan ini terjadi di kota kecil Pigkawayan, yang terletak sekitar 160 kilometer dari Marawi City yang selama hampir sebulan menjadi ajang baku tembak antara pasukan Filipina dan militan Maute.

Juru bicara militer Filipina Brigjen Restituto Padilla mengatakan para penyerang adalang anggota kelompok Pejuang Pembebasan Islam Bangsamoro (BIFF).

Baca: Menengok Sepak Terjang Maute Bersaudara di Filipina

BIFF adalah satu dari empat kelompok separatis yang beroperasi di wilayah Mindanao dan menyatakan sumpah setia kepada ISIS.

Kepolisian setempat mengatakan serangan BIFF kemungkinan besar ditujukan untuk menolong kelompok Maute di Marawi dengan cara mengalihkan perhatian militer.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com