Kompas.com - 21/06/2017, 07:15 WIB
EditorPascal S Bin Saju

DOHA, KOMPAS.com - Qatar takkan bernegosiasi dengan negara-negara tetangga untuk menyelesaikan krisis diplomatik di kawasan Teluk.

Kecuali jika Arab Saudi dan sekutunya terlebih dahulu mencabut embargo ekonomi dan perhubungan yang mereka terapkan dua pekan lalu.

Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani, mengungkapkan hal itu di Doha, Selasa (20/6/2017) seperti dilaporkan Reuters. 

“Qatar tidak akan bernegosiasi dengan negara-negara tetangganya sejauh mereka masih menerapkan ‘blokade’,” kata Al-Thani. 

Baca: Simaklah, 10 Pemicu Krisis Diplomatik di Qatar

"Mereka harus terlebih dahulu mencabut blokade jika ingin bernegosiasi," tegasnya di depan para wartawan. 

Al-Thani juga mengatakan, "Sampai sekarang, kami tidak melihat ada kemajuan soal pencabutan blokade, yang merupakan syarat untuk melangkah maju" ke meja perudingan,  

Arab Saudi dan sekutu-sekutu Arab-nya, seperti Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, dan Bahrain telah mengucilkan Qatar yang dituduh mendukung terorisme.

UEA mengatakan, sanksi terhadap negara itu bisa berlangsung selama bertahun-tahun, kecuali jika Doha mengabulkan tuntutan negara-negara kuat Arab. 

Tuntutan itu direncanakan akan diungkapkan dalam beberapa hari mendatang. Doha membantah semua tuduhan dari negara-negara  tetangganya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.