Kompas.com - 20/06/2017, 21:45 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Di sebuah ruangan tersembunyi di dalam rumah dekat Ibu Kota Argentina, Buenos Aires, polisi menemukan koleksi artefak Nazi terbesar dalam sejarah negara ini.

Salah satu di antaranya adalah relief legenda Adolf Hitler, kacamata pembesar di dalam kotak berlogo swastika, dan bahkan perangkat medis mengerikan yang dipakai untuk mengukur kepala.

Sebanyak 75 objek itu ditemukan di rumah seorang kolektor di Beccar.

Pihak berwenang mengatakan, mereka menduga barang-barang itu peninggalan Nazi di Jerman selama Perang Dunia II.

"Investigasi pertama kami menunjukkan bahwa ini adalah potongan asli," kata Menteri Keamanan Argentina Patricia Bullrich kepada Associated Press, Senin (19/6/2017).

Dia juga mengatakan, beberapa bagian dari barang itu disertai foto-foto lama.

"Ini adalah cara untuk mengkomersilkan, menunjukkan bahwa mereka terbiasa dengan kengerian oleh pemimpin Adolf Hitler. Ada foto dia dengan benda-benda itu."

Di antara barang-barang itu ada mainan yang digunakan untuk mengindoktrinasi anak-anak, patung besar Elang Nazi di atas swastika, jam pasir Nazi, dan satu kotak harmonika.

Polisi mengatakan, salah satu bukti paling meyakinkan tentang pentingnya sejarah penemuan ini adalah foto negatif Hitler yang memegang kaca pembesar, serupa dengan yang ditemukan di dalam kotak.

"Kami telah berkonsultasi dengan sejarawan dan mereka telah mengatakan bahwa itu adalah kaca pembesar asli, yang digunakan Hitler," kata Nestor Roncaglia, Kepala Polisi Federal Argentina.

"Kami akan mencari pakar internasional untuk memperdalam penyelidikan," sambung dia.

Foto tersebut tidak dirilis kepada publik, namun diperlihatkan kepada Associated Press dengan syarat tidak dipublikasikan.

Baca: Lelaki Pencinta Nazi Ini Resmi Ubah Namanya Jadi Hitler

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.