Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Artefak Hitler Ditemukan di Ruang Tersembunyi di Argentina

Kompas.com - 20/06/2017, 21:45 WIB

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Di sebuah ruangan tersembunyi di dalam rumah dekat Ibu Kota Argentina, Buenos Aires, polisi menemukan koleksi artefak Nazi terbesar dalam sejarah negara ini.

Salah satu di antaranya adalah relief legenda Adolf Hitler, kacamata pembesar di dalam kotak berlogo swastika, dan bahkan perangkat medis mengerikan yang dipakai untuk mengukur kepala.

Sebanyak 75 objek itu ditemukan di rumah seorang kolektor di Beccar.

Pihak berwenang mengatakan, mereka menduga barang-barang itu peninggalan Nazi di Jerman selama Perang Dunia II.

"Investigasi pertama kami menunjukkan bahwa ini adalah potongan asli," kata Menteri Keamanan Argentina Patricia Bullrich kepada Associated Press, Senin (19/6/2017).

Dia juga mengatakan, beberapa bagian dari barang itu disertai foto-foto lama.

"Ini adalah cara untuk mengkomersilkan, menunjukkan bahwa mereka terbiasa dengan kengerian oleh pemimpin Adolf Hitler. Ada foto dia dengan benda-benda itu."

Di antara barang-barang itu ada mainan yang digunakan untuk mengindoktrinasi anak-anak, patung besar Elang Nazi di atas swastika, jam pasir Nazi, dan satu kotak harmonika.

Polisi mengatakan, salah satu bukti paling meyakinkan tentang pentingnya sejarah penemuan ini adalah foto negatif Hitler yang memegang kaca pembesar, serupa dengan yang ditemukan di dalam kotak.

"Kami telah berkonsultasi dengan sejarawan dan mereka telah mengatakan bahwa itu adalah kaca pembesar asli, yang digunakan Hitler," kata Nestor Roncaglia, Kepala Polisi Federal Argentina.

"Kami akan mencari pakar internasional untuk memperdalam penyelidikan," sambung dia.

Foto tersebut tidak dirilis kepada publik, namun diperlihatkan kepada Associated Press dengan syarat tidak dipublikasikan.

Baca: Lelaki Pencinta Nazi Ini Resmi Ubah Namanya Jadi Hitler

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com