Kompas.com - 20/06/2017, 16:05 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Senin (19/6/2017), menyebut pemerintah Korea Utara sebagai "rezim brutal".

Pernyataan ini dilontarkan Trump setelah Otto Warmbier (22) mahasiswa AS yang dibebaskan Korea Utara dalam kondisi koma akhirnya meninggal dunia.

"Ini adalah rezim yang sangat brutal. Hal buruk tak bisa dihindari tapi setidaknya kita bisa kembalikan dia ke keluarganya," ujar Trump di Gedung Putih.

Baca: Mahasiswa AS Meninggal Setelah 6 Hari Dievakuasi Darurat dari Korut

Dalam pernyataan terpisah, Trump menyampaikan rasa duka cita mendalam untuk keluarga Warmbier yang baru saja kehilangan putra mereka.

"Tak ada hal yang lebih tragis dari. orangtua yang kehilangan anak yang tengah berada di masa-masa terbaik mereka," ujar Trump.

"Doa kami untuk keluarga, teman, dan siapa saja yang mencintai Otto," lanjut Trump.

Trump melanjutkan, nasib buruk yang dialami Otto membuat pemerintah Amerika semakin bertekad untuk mencegah tragedi serupa berulang.

"Pemerintah AS akan berusaha keras agar tragedi yang menimpa orang tak berdosa di tangan rezim yang tak menghormati hum dan HAM tak terulang kembali," Trump menegaskan.

"Amerika Serikat sekali lagi mengecam kebrutalan rezim Korea Utara dan kami berduka untuk korban terakhir rezim itu," tambah Trump.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.