Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Ancam Tembak Pesawat AS yang Terbang di Wilayah Suriah

Kompas.com - 20/06/2017, 11:03 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia mengancam akan memperlakukan jet-jet tempur Amerika Serikat yang beroperasi di wilayah udara Suriah sebagai sasaran tembak.

"Semua jenis benda terbang, termasuk pesawat dan drone koalisi yang terdeteksi berada di sisi barat Sungai Efrat akan dilacak sistem pertahanan SAM Rusia sebagai sasaran," demikian Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan resminya.

Baca: Jet Tempur Rusia Terbang Rendah di Atas Kapal Perang AS

Ancaman ini dikeluarkan setelah Amerika Serikat menembak jatuh sebuah jet tempur Su-22 milik Suriah yang dituding menyerang pasukan Tentara Demokratik Suriah (SDF) yang sedang menyerang kota Raqqa.

Washington mengatakan, jet Su-22 Super Hornet itu menjatuhkan bom di dekat pasukan SDF tetapi Damaskus menegaskan, pesawat itu ditembak jatuh saat melakukan misi melawan ISIS.

Selain mengancam akan menembak jatuh pesawat-pesawat AS, Kemenhan Rusia juga akan memutus jalur komunikasi dengan Amerika.

Amerika, ujar Kemenhan Rusia, tidak menggunakan jalur komunikasi "hotline" itu sebelum menembak jatuh pesawat Suriah.

"Amerika telah gagal untuk menunjukkan itikad baiknya di bawah kesepakatan yang sudah diteken bersama," demikian Kemenhan Rusia.

"Penembakan pesawat AU Suriah di wilayah udaranya adalah sebuah pelanggaran atas kedaulatan Suriah," tambah Kemenhan Rusia.

Baca: Pentagon Protes, Jet Tempur Rusia Manuver Berbahaya Ganggu Pesawat Pengintai AS

"Amerika berulang kali menggelar operasi tempur dengan dalih memerangi terorisme menghadapi angkatan bersenjata sah dari sebuah negara anggota PBB," kata Kemenhan Rusia.

"Hal ini jelas-jelas pelanggaran hukum internasional dan sebuah agresi militer terhadap Republik Arab Suriah," tambah Rusia.

Rusia yang sudah memberikan bantuan serangan udara bagi pasukan pemerintah Suriah sejak 2015 telah meneken kesepakatan dengan AS untuk mencegah insiden antara kedua negara di Suriah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com