Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tabrak Mobil Van Polisi di Paris, Pengemudi Tewas

Kompas.com - 20/06/2017, 06:02 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Sebuah mobil dengan sengaja telah menabrak mobil van polisi sebelum akhirnya terbakar di Jalan Raya Champs-Élysées, pusat kota Paris, Perancis, Senin (19/6/2017) waktu setempat.

Pengemudinya tewas dan polisi menemukan satu senjara laras panjang, satu pistol, serta sebotol gas di dalam mobilnya.

"Aparat keamanan menjadi sasaran lagi di Perancis," kata Menteri Dalam Negeri, Gérard Collomb, yang menyebut insiden itu sebagai “upaya serangan”.

Namun, tidak ada aparat polisi maupun warga yang cedera akibat serangan mobil tersebut.

Perancis masih dalam keadaan darurat menyusul serangkaian serangan pada November 2015 yang menewaskan 130 orang dan sudah lima kali diperpanjang, yang akan berakhir pada November 2017.

Baca: 10 Terduga Pemasok Senjata Diinterogasi Terkait Serangan Paris

Setelah itu masih terjadi lagi beberapa serangan, antara lain pada Bulan April – juga  di kawasan Champs-Élysées – yang menewaskan seorang polisi dan melukai dua lainnya.

Insiden terbaru, Senin (19/6/2017), terjadi sehari setelah pemilihan parlemen Perancis tahap kedua, yang mengantarkan partai pimpinan Presiden Emmanuel Macron menguasai parlemen.

Sebuah mobil berwarna putih tampak terlihat di jalanan yang sudah dikosongkan dengan pintu terbuka dan anjing pelacak dikerahkan, seperti dilaporkan BBC dari Paris.

Mobil polisi dan mobil satuan khusus bersenjata selalu ada di sekitar tempat kejadian, yang tidak jauh dari satu kantor polisi setempat.

Baca: Kerap Jadi Sasaran Serangan Teror, Ada Apa dengan Perancis

Collomb, yang sudah mengunjungi tempat kejadian mengatakan senjata dan bahan peledak yang ditemukan 'berpotensi untuk meledakkan mobil tersebut'.

Laporan-laporan menyebutkan aparat memecahkan kaca jendela mobil untuk menarik ke luar pengemudi yang – menurut stasiun TV BFMTV – dikenal oleh dinas intelijen walau belum ada pengukuhan resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com