Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Portugal Umumkan Tiga Hari Berkabung Nasional setelah 62 Orang Tewas

Kompas.com - 19/06/2017, 19:40 WIB

LISBON, KOMPAS.com -  Setelah 62 orang tewas akibat kebakaran hebat di wilayah Pedrogao Grande, Portugal, pemerintah negara itu pada Senin (19/6/2017), mengumumkan dimulainya masa berkabung nasional selama tiga hari.

Menurut The Guardian, hingga berita ini diturunkan pada Senin siang waktu Portugal atau Senin sore WIB, lebih dari 1.500 petugas pemadam kebakaran masih berjuang untuk mengendalikan kebakaran.

Selain jatuhnya korban jiwa, kebakaran dan asap yang ditimbulkan kobaran api yang melalap kawasan hutan sejak Sabtu lalu telah menyebabkan puluhan orang dirawat.

Perbukitan Pedrogao Grande, yang terletak 150 hingga 200 km dari Lisbon, ibu kota Portugal, yang padat dengan pepohonan dan vegetasi lainnya telah hangus dilalap api.

Baca: Sudah 62 Orang Tewas, Kebakaran Masih Sulit Dikendalikan

Pemerintah mengumumkan dimulainya tiga hari berkabung nasional di saat mereka sedang menunggu bantuan air yang diangkut dengan pesawat dari Spanyol, Perancis, dan Italia.

Uni Eropa dan Perserikatan Bangsa-Bangsa juga berjanji untuk menyediakan berbagai bantuan yang diperlukan oleh Portugal demi mengatasi kebakaran terburuk dalam sejarah negara itu.

Hujan ringan sempat turun pada Senin pagi, yang membawa sedikit bantuan untuk mengurangi kobaran api, cukup membantu petugas pemadam kebakaran yang sedang kelelahan.

Pesawat pengakut air untuk hujan buatan, termasuk pesawat Perancis dan Spanyol, melanjutkan misi mereka setelah sempat berhenti semalaman.

"Masih banyak hutan yang bisa terbakar dan hujan tidak banyak membantu," kata Rui Barreto, wakil kepala layanan pemadam kebakaran di pusat penanggulanan darurat di Pedrogao Grande, demikian dilaporkan Reuters.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan bahwa kondisi cuaca panas memperburuk upaya pemadaman karena api masih terus berkobar.

Baca: Korban Tewas Kebakaran Hutan di Portugal Jadi 57 Orang

Meskipun pemerintah menjamin bahwa respons pertama layanan darurat sangat cepat dan memadai, banyak media dan warga mempertanyakan efisiensi operasi pemadaman kebakaran.

Polisi Portugal mengatakan, sambaran petir hari Sabtu diduga menjadi penyebab kebakaran hutan di daerah Pedrogao Grande. Penyidik menemukan sebuah pohon yang hangus terkena petir.

Banyak korban tewas di dalam mobil mereka saat berusaha melarikan diri dari kobaran api, dan diduga mereka menderita sesak napas akibat asap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com