Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 13 Tersangka Militan Maute Tertangkap di Zamboanga

Kompas.com - 18/06/2017, 20:03 WIB

ZAMBOANGA CITY, KOMPAS.com - Kepolisian Zamboanga, Filipina menangkap 13 tersangka anggota kelompok Maute yang kabur dari Marawi City dan mencari bantuan medis di rumah sakit setempat.

Polisi mengatakan, dari ke-13 tersangka terdapat tiga orang perempuan, salah seorang di antaranya dalam kondisi kritis.

Mereka tiba di Pusat Medis Zamboanga del Sur untuk meminta pertolongan pada Jumat (16/6/2017).

Kepala kepolisian setempat Billy Beltran mengatakan, staf rumah sakit langsung menelepon polisi setelah melihat para tersangka.

Beltran menambahkan, polisi kemudian datang dan memeriksa ke-13 orang lalu memastikan bahwa mereka memang anggota kelompok Maute.

Baca: Militan ISIS Lari dari Marawi, Membaur dengan Pengungsi di Kota Lain

Kepolisian menambahkan, dua tersangka Alanoden Macatuon Dimarugon (24) dan Halil Saliling Ali (30) dinyatakan positif setelah menjalani ujian bubuk mesiu di laboratorium kepolisian.

Sofronio Elcadre, perwira kepolisian Zamboanga, mengatakan, para tersangka itu akan menjalani investigasi lebih lanjut kecuali Ali yang langsung ditahan.

Billy Beltran mengatakan, polisi juga menempatkan Dimarugong dalam penjagaan ketat meski tengah dirawat di sebuah rumah sakit di Pagadian City.

Pasukan keamanan di Zamboangan del Sur masih dalam kewaspadaan tinggi setelah menerima informasi bahwa anggota Mauta dan Abu Sayyaf menyelinap keluar dari Marawi City dengan menyamar sebagai pengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com