Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militan ISIS Lari dari Marawi, Membaur dengan Pengungsi di Kota Lain

Kompas.com - 17/06/2017, 16:29 WIB

MARAWI, KOMPAS.com - Militer Filipina mengatakan, sejumlah militan Islam yang menyerbu kota Marawi di Mindanao bulan lalu mungkin telah keluar dari kota, kabur ke kota lain, dan membaur dengan pengungsi di sana.

Juru bicara militer militer Filipina, Brigadir Jenderal Restituto Padilla mengatakan, keamanan telah diperketat di kota-kota tetangga Marawi, seperti Iligan dan Cagayan de Oro, demikian dilaporkan Reuters.

Pihak berwenang, katanya, sedang memburu orang-orang yang mencurigakan, yang diperkirakan akan "berusaha menebar teror" dan yang membuat warga panik.

"Kami tidak menyangkal bahwa mungkin ada beberapa militan yang mungkin telah melarikan diri bersama pengungsi dari Marawi ke Iligan dan Cagayan de Oro," katanya kepada wartawan di Manila.

Baca: Terungkap, Mengapa Milisi Maute di Marawi Sulit Ditaklukkan

Sementara itu jet tempur OV-10 menyerang sebuah daerah di Marawi, yang diperkirakan menjadi tempat persembunyian para gerilyawan ISIS sejak pertempuran 23 Mei lalu.

Militer Filipina mengatakan, hampir 200 militan, yang kebanyakan dari kelompok pemberontak lokal yang telah berbaiat kepada kelompok teror Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dan beberapa militan asing, masih bertahan di Marawi.

Mereka, demikian Padilla, menggunakan warga sipil sebagai perisai hidup dan masjid sebagai tempat berlindung yang aman.

Upaya ratusan militan untuk menyerbu dan menguasai Marawi membuat negara-negara tetangga di Asia Tenggara khawatir bahwa ISIS mungkin saja melebarkan aksi brutalnya dari Filipina selatan.

Baca: Fakta Maute di Marawi, Militan Pro-ISIS Paling Terlatih di Filipina

Para menteri pertahanan dan pemimpin militer Indonesia, Malaysia, dan Filipina akan bertemu di Tarakan, di Kalimantan, pada Senin (19/6/2017) untuk membahas ancaman tersebut.

Mereka juga akan menyetujui langkah-langkah untuk berkoordinasi lebih baik dalam menghadapi ancaman terorisme, yang telah kehilangan pengaruh di Irak dan Suriah tersebut, tetapi menancapkan kukunya di Asia Tenggara dengan berbasis di Filipina selatan.

Tarakan, kota pelabuhan, yang berada persis di sebelah selatan sisi Malaysia di Kalimantan dan berseberangan dengan Mindanao di Filipina selatan, bisa saja dimasukki militan ISIS.

Padilla mengatakan kepada wartawan bahwa informasi mengenai militan yang berencana untuk menyerang kota-kota tetangga Marawi itu didasarkan pada "kesalahan informasi yang disebarkan musuh". Faktanya, kapasitas musuh telah menurun secara drastis.

Baca: Apa yang Terjadi di Marawi, dan Siapa Isnilon Hapilon?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com