Kompas.com - 15/06/2017, 09:44 WIB
EditorErvan Hardoko

ROMA, KOMPAS.com - Wali kota Roma, yang berasal dari partai anti-kemapanan Gerakan Lima Bintang, meminta pemerintah Italia tidak lagi mengirim pengungsi ke kota tersebut.

Wali kota Virginia Raggi mengatakan, tambahan migran dapat memperburuk ketegangan sosial.

Seruan itu disampaikannya menyusul kekalahan Gerakan Lima Bintang dalam pemilihan kepala daerah pada Minggu (11/6/2017).

Baca: Mobil Rusak di Tengah Gurun Niger, 44 Orang Migran Tewas Kehausan

Sejak tahun 2014, lebih dari 500.000 orang pengungsi tiba di Italia dengan menggunakan perahu.

Dari jumlah tersebut, hampir 200.000 orang ditempatkan di pusat penampungan di seluruh negeri.

"Kami tidak bisa membiarkan terciptanya ketegangan sosial yang lebih tinggi," kata Raggi dalam status di akun Facebook-nya.

"Karena itu saya katakan bahwa tidak mungkin, bahkan berisiko, untuk berpikir tentang menciptakan struktur penerimaan baru migran," tambah Raggi.

Menteri dalam negeri Italia telah meminta semua pemerintah kota untuk menyediakan tempat bagi kira-kira 250.000 pengungsi baru tahun ini atau naik dari sekitar 180.000 pada tahun lalu.

Beberapa pengamat berpendapat, Raggi sedang berusaha memenangkan kembali dukungan dengan menggunakan topik pengungsi, setelah partainya kalah telak di 24 dari 25 kota utama dalam pemilihan kepala daerah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.