Kompas.com - 10/06/2017, 14:47 WIB
EditorPascal S Bin Saju

MARAWI, KOMPAS.com – Sebanyak 13 marinir Filipina tewas dalam pertempuran melawan sayap kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di kota Marawi, Mindanao.

Informasi itu disampaikan oleh juru bicara militer Filipina pada Sabtu (10/6/2017). Fakta itu jelas menjadi sebuah kemunduran bagi militer dalam merebut kembali Marawi dari militan ISIS.

Juru bicara militer Filipina, Letnan Kolonel Jo-Ar Herrera, dalam jumpa pers menjelaskan, 13 marinir tewas dalam “penembakan intensif”, Jumat (9/6/2017), untuk membereskan posisi musuh, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Kematian terbaru itu menambah deretan jumlah anggota pasukan keamanan negara menjadi 58 tentara tewas dan 20 warga sipil, dan ratusan militan tewas dalam pertempuran di Marawi.

Baca: Terungkap, Mengapa Milisi Maute di Marawi Sulit Ditaklukkan

Kelompok kecil Maute yang kurang dikenal telah menjadi musuh besar bagi militer yang memiliki kemampuan personil dan kekuatan persenjataan yang jauh lebih mumpuni dari militan.

Militer Filipina mengatakan, pengepungan besar-besaran posisi musuh dilakukan dengan maksud untuk mengakhiri kekuatan musuh pada Senin (12/6/2017), yang bertepatan dengan hari kemerdekaan negara itu.

"Selama kami mempertahankan pertempuran, selama kami bia menghancurkan elemen-elemen kelompok teroris lokal kami akan bisa mencapainya," kata Herrera.

Baca: Panglima Militer Filipina: Kelompok Maute di Marawi Disokong Politisi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.