Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Masih Kuat di Marawi, 13 Marinir Filipina Tewas

Kompas.com - 10/06/2017, 14:47 WIB

MARAWI, KOMPAS.com – Sebanyak 13 marinir Filipina tewas dalam pertempuran melawan sayap kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di kota Marawi, Mindanao.

Informasi itu disampaikan oleh juru bicara militer Filipina pada Sabtu (10/6/2017). Fakta itu jelas menjadi sebuah kemunduran bagi militer dalam merebut kembali Marawi dari militan ISIS.

Juru bicara militer Filipina, Letnan Kolonel Jo-Ar Herrera, dalam jumpa pers menjelaskan, 13 marinir tewas dalam “penembakan intensif”, Jumat (9/6/2017), untuk membereskan posisi musuh, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Kematian terbaru itu menambah deretan jumlah anggota pasukan keamanan negara menjadi 58 tentara tewas dan 20 warga sipil, dan ratusan militan tewas dalam pertempuran di Marawi.

Baca: Terungkap, Mengapa Milisi Maute di Marawi Sulit Ditaklukkan

Kelompok kecil Maute yang kurang dikenal telah menjadi musuh besar bagi militer yang memiliki kemampuan personil dan kekuatan persenjataan yang jauh lebih mumpuni dari militan.

Militer Filipina mengatakan, pengepungan besar-besaran posisi musuh dilakukan dengan maksud untuk mengakhiri kekuatan musuh pada Senin (12/6/2017), yang bertepatan dengan hari kemerdekaan negara itu.

"Selama kami mempertahankan pertempuran, selama kami bia menghancurkan elemen-elemen kelompok teroris lokal kami akan bisa mencapainya," kata Herrera.

Baca: Panglima Militer Filipina: Kelompok Maute di Marawi Disokong Politisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com