Kompas.com - 10/06/2017, 10:50 WIB
EditorPascal S Bin Saju

DAKAR, KOMPAS.com – Perserikatan Banga-Bangsa, Jumat (9/6/2017), melaporkan, peberapa petempur pada hari sebelumnya telah membunuh tiga anggota pasukan penjaga perdamaian dalam serangan di luar markas PBB di Kidal, Mali utara.

Pasukan PBB sering menghadapi serangan dari gerilyawan gurun yang telah bergabung kembali, beberapa bulan  setelah operasi militer yang dipimpin Perancis pada 2013 untuk mengusir mereka dari kota-kota di Mali utara.

Lebih dari 100 anggota pasukan penjaga perdamaian tewas dalam beberapa bulan belakangan. Jumlah tersebut merupakan serangan paling mematikan terhadap misi perdamaian PBB hingga saat ini.

Baca: "Pekan Berdarah di Mali", Anggota Pasukan Perdamaian PBBTewas

Pemerintah Guinea dalam sebuah pernyataan menyebutkan, tiga penjaga perdamaian yang tewas adalah warganya namun identitas mereka belum diungkap.

"Markas PBB diserang tembakan mortir berat pada Kamis (8/6/2017), melukai lima orang. Tak lama kemudian, tiga tentara tewas dalam serangan di luar markas," kata PBB, tanpa merinci, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Perancis sendiri sebenarnya sedang melakukan serangan terhadap tempat persembunyian militan atau gerilyawan gurun, termasuk mereka yang terhubung dengan sayap jaringan Al Qaeda di kawasan itu.

Baca: Sekjen PBB Kecam Serangan yang Tewaskan 5 Prajurit Penjaga Perdamaian

Sayap Al Qaeda di wilayah Mali utara itu telah menggelar serangkaian serangan dalam satu tahun belakangan ini.

Termasuk satu aksi bom bunuh diri di sebuah pangkalan militer pada Januari 2017 yang menewaskan 77 orang.

Di luar itu, beberapa tentara Perancis terluka dalam serangan mortir Al Qaeda di Timbuktu, pekan lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.