Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Ajak Indonesia Bahas Masalah Krisis Diplomatik Qatar

Kompas.com - 05/06/2017, 21:25 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, Senin (5/6/2017), mendesak Qatar dan negara-negara Teluk untuk menggelar dialog guna menyelesaikan krisis diplomatik di antara mereka.

"Tetangga tak akan berganti, geografi tak bisa berubah. Kekerasan tak pernah jadi solusi, Dialog sangat penting, terutama di bulan suci Ramadhan," ujar Zarif lewat akun Twitter-nya.

Baca: Qatar Imbau Warganya Tinggalkan UEA dalam 14 Hari

Selain menyerukan dialog, Zarif juga menghubungi rekan-rekannya di Turki, Indonesia, Irak, dan Oman untuk mendiskusikan masalah regional ini.

Sebelumnya, juru bicara Kemenlu Iran Bharam Ghasemi menegaskan, penyelesaian sengketa antara Qatar dan ketiga tetangganya hanya bisa dicapai lewat metode damai dan dialog.

Ghasemi menambahkan, ketegangan di antara para tetangga Iran di selatan itu tak menguntungkan siapapun dan justru mengancam kepentingan bersama.

Apalagi, saat ini dunia membutuhkan kebersamaan untuk menghadapi terorisme dan ekstremisme yang semakin meluas.  

Arab Saudi, Bahrain, dan Uni Emirat Arab ditambah Mesir dan Yaman mengumumkan untuk memutus hubungan diplomatik dengan Qatar.

Alasan pengambilan keputusan dalam krisis politik terbesar di kawasan ini karena pemerintah Qatar dianggap mendukung ekstremisme.

Baca: Empat Negara Arab Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com