Kompas.com - 05/06/2017, 21:12 WIB
EditorPascal S Bin Saju

DUBAI, KOMPAS.com – Pemerintah Qatar, Senin (5/6/2017), meminta warga negaranya untuk meninggalkan Uni Emirat Arab (UEA) dalam dua minggu atau 14 hari untuk mematuhi keputusan Abu Dhabi yang memutus hubungan diplomatik dengan Doha,

"Warga Qatar harus meninggalkan UAE dalam 14 hari, sesuai dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh Emirat," demikian pernyataan Kedutaan Qatar di Abu Dhabi di akun Twitter resminya, yang dikutip Reuters.

Mereka yang tidak bisa pulang ke Doha secara langsung harus terbang melewati Kuwait atau Oman.

Sebelumnya pada Senin, beberapa negara Teluk seperti UEA, Arab Saudi, Bahrain, dan Mesir memutus hubungan dengan Qatar karena negara itu menyokong aksi terorisme.

Baca: Empat Negara Arab Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Negara-negara tersebut menuding Qatar telah sengaja mendukung kelompok-kelompok radikal –yang  beberapa di antaranya berafiliasi langsung dengan Iran – dan menyiarkan ideologi mereka di stasiun televisi Al Jazeera.

"Qatar mendukung sejumlah kelompok teroris dan sektarian yang bertujuan untuk mengganggu stabilitas di kawasan, termasuk di antaranya Ikhwanul Muslimin, ISIS, dan Al Qaeda. Negara tersebut juga mempromosikan ideologi kelompok teror ini lewat media mereka," tulis kantor berita Arab Saudi, SPA.

Negara-negara Teluk menuding Qatar mendukung kelompok militan yang berafiliasi dengan Iran di wilayah Qatif dan Bahrain.

Qatar sendiri membantah tudingan itu dan mengatakan bahwa pihaknya tengah menghadapi kampanye terselubung yang bertujuan untuk melemahkannya.

Baca: UEA Tangguhkan Penerbangan ke Qatar

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.