Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Perangi ISIS di Marawi, AS Beri Ratusan Senjata kepada Filipina

Kompas.com - 05/06/2017, 17:04 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Amerika Serikat, Senin (5/6/2017), telah memberikan Filipina ratusan senapan mesin, pistol dan peluncur granat, yang oleh seorang komandan setempat akan digunakan untuk melawan militan Islam yang diperangi di Marawi, Mindanao.

Senjata tersebut, termasuk senapan mesin yang mampu memuntahkan ribuan peluru per menit, diserahkan dalam sebuah upacara di Manila, demikian kantor berita Perancis, AFP.

Bantuan itu merupakan bagian dari program bantuan kontra-terorisme AS dalam satu dekade ini ke Filipina dengan nilai sekityar 150 juta dollar AS atau setara Rp 2 triliun.

."Peralatan ini akan meningkatkan kemampuan kontraterorisme (di Filipina) dan membantu melindungi (tentara) yang terlibat secara aktif dalam operasi kontraterorisme di Filipina selatan," kata sebuah pernyataan Kedutaan AS di Manila.

Baca: Serangan Sayap ISIS di Marawi Tewaskan 21 Orang

Komandan Marinir Filipina Mayor Jenderal Emmanuel Salamat mengatakan, tentara akan menggunakan senjata tersebut dalam pertempuran yang sedang berlangsung melawan gerilyawan dari sayap Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Marawi, kota di Pulau Mindanao, Filipina selatan.

Militan telah mengibarkan bendera hitam dari kelompok ISIS yang melakukan serangan brutal di Marawi hampir dua minggu yang lalu dan memicu bentrokan dengan tentara dan polisi, yang sejuah ini telah menewaskan sedikitnya 178 orang.

Filipina dan AS telah berpuluh-puluh tahun menjadi sekutu dekat, dan mereka terikat oleh sebuah perjanjian pertahanan imbal balik untuk saling melindungi satu sama lain jika diserang.

Baca: Situasi di Marawi Memburuk, Kemlu Imbau WNI Lebih Waspada

Peralatan yang diserahkan pada Senin ini adalah senjata baru, demikian seorang perwira AS pada upacara penyerahan senjata itu kepada pihak Filipina.

Senjata tersebut termasuk empat senapan mesin berat, yang mampu menembaki ribuan peluru per menit, serta 300 senapa serbu dan 100 peluncur granat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com