Kompas.com - 02/06/2017, 19:00 WIB
EditorErvan Hardoko

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II merupakan kepala negara yang paling lama memerintah hingga saat ini. Dia naik tahta pada 2 Juni 1953 saat berusia 25 tahun.

Upacara pemahkotaan Elizabeth II digelar di Westminster Abbey, London, diwarnai pembacaan sumpah dia hadapan para undangan, tamu negara, dan para pemimpin negara-negara persemakmuran.

Elizabeth II menggantikan ayahnya George VI yang meninggal dunia pada 6 Februari 1952 untuk menjadi kepala negara Inggris Raya dan negara-negara persemakmuran.

Baca: Istana Buckingham Rilis Foto Terbaru Ratu Elizabeth II

Upacara pelantikan Ratu Elizabeth II itu memang hanya berlangsung satu tahun tetapi persiapannya membutuhkan waktu 14 bulan.

Setelah melakukan sejumlah sidang, Komisi Pemahkotaan yang diketuai Duke of Edinburgh, suami Elizabeth, pada Juni 1952 mengumumkan, upacara pemahkotaan akan digelar dalam waktu setahun kemudian.

Di antara masa satu tahun itu, diwarnai meninggalnya nenek Elizbeth, Ratu Mary pada 24 Maret 1953 karena sakit. Namun, peristiwa ini tak mengubah rencana semula.

Saat itu perancang busana Norman Hartnell diperintahkan untuk membuat pakaian untuk keluarga kerajaan terutama gaun yang akan dikenakan Elizabeth.

Akhirnya Elizabeth akan mengenakan gaun sutra berwarna putih dengan hiasan berbagai bunga yang menjadi lambang negara-negara Inggris Raya dan persemakmuran.

Upacara penobatan Elizabeth mengikuti pola yang sudah lama dilakukan bagi para raja dan ratu Inggris.

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.