Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Gore Sebut Donald Trump Tak Bisa Hentikan Gerakan Pro-Lingkungan

Kompas.com - 01/06/2017, 21:28 WIB
Bayu Galih

Penulis

JEJU, KOMPAS.com - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat, Al Gore, meminta komunitas internasional untuk tidak khawatir akan aksi Presiden AS Donald Trump yang terkesan abai terhadap perubahan iklim dan pemanasan global.

Menurut Al Gore yang juga seorang aktivis lingkungan, AS akan tetap melanjutkan aksi mengurangi emisi secara global. Selain itu, masyarakat AS pun akan terus mengawasi langkah yang diambil Trump secara ketat.

"Kita (aktivis pencinta lingkungan) akan terus bergerak apa pun yang Presiden Trump lakukan. Karena kami merupakan negara yang memiliki check and balance," ucap Al Gore, saat berbicara di Jeju Forum for Peace and Prosperity di Jeju, Korea Selatan, Kamis (1/6/2017).

Meski pemerintahan Presiden Trump cenderung anti-perubahan iklim, namun pemerintah negara bagian di AS masih terus berkomitmen terhadap kebijakan pro-lingkungan.

"Negara bagian masih terus bergerak dalam isu lingkungan dan energi terbarukan," ucap Al Gore.

Kebijakan itu seperti yang dilakukan pemerintahan negara bagian New York dan Atlanta. Negara bagian itu terus berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon melalui sejumlah kebijakannya.

"Namun, (kebijakan pro lingkungan) tidak hanya dikendalikan secara politik, pengusaha juga bisa ikut ambil bagian di "kursi kemudi", begitu pula konsumen, yang bisa menentukan mana yang baik untuk lingkungan," ucap Al Gore.

Karena itu, Al Gore menyatakan bahwa setiap orang bisa berperan dalam menyelamatkan masa depan melalui kesadaran akan lingkungan. Individu atau institusi diminta untuk terus bergerak untuk mencegah ancaman perubahan iklim.

"Jangan hilang harapan. Kita akan memenangkan ini apa pun yang Presiden Trump lakukan," ujarnya.

(Baca juga: Negara di Kawasan ASEAN Dinilai Perlu Buat Konvensi Perubahan Iklim)

Dalam forum perdamaian ini Al Gore menjadi tamu istimewa yang membawakan materi ancaman perubahan iklim terhadap perdamaian dunia.

Bintang dari film dokumenter An Inconvenient Truth yang meraih Academy Award pada 2007 ini memaparkan sejumlah kerusakan lingkungan di berbagai negara.

Al Gore juga menjelaskan dampak negatif dari perubahan iklim terhadap stabilitas suatu negara, mulai dari kebakaran lahan dan hutan, kelaparan ekstrem, hingga meluasnya wabah penyakit.

Kompas TV Sejumlah Peneliti Lakukan Ekspedisi ke Antartika
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com