Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Rusak di Tengah Gurun Niger, 44 Orang Migran Tewas Kehausan

Kompas.com - 01/06/2017, 21:18 WIB

NIAMEY, KOMPAS.com - Setidaknya 44 orang migran, termasuk beberapa perempuan dan bayi, ditemukan tewas setelah kendaraan mereka rusak di gurun pasir Niger dalam perjalanan menuju Libya.

"Jumlah migran yang tewas di gurun pasir mencapai 44 orang saat ini," kata Rhissa Feltou, wali kota Agadez yang terletak di gurun Sahara.

Sementara seorang sumber keamanan Niger yang tak mau disebutkan namanya menyebut kematian 44 migran itu karena kehausan.

Tahun lalu, Organisasi Migrasi Internasional (IOM) mencatat 335.000 migran menuju ke wilayah utara Niger.

Baca: 34 Migran Ditinggal Mati Kehausan oleh Penyelundup Manusia di Gurun Niger

Awal Mei lalu, delapan orang migran dari Niger, lima orang di antaranya anak-anak, ditemukan tewas di gurun pasir saat dalam perjalanan ke Aljazair.

Di bulan yang sama, patroli tentara di wilayah utara Niger menyelamatkan 40 orang migran dari berbagai negara Afrika Barat yang ditinggalkan begitu saja oleh para penyelundup manusia.

Sekelompok migran itu berasal dari Gambia, Nigeria, Guinea, Senegal, dan Niger. Semuanya berharap bisa mencapai pesisir Libya sebelum menyeberang ke Eropa.

Pada April tahun ini, Italia sudah mencatat 42.500 orang migran menyeberangi Laut Tengah, 97 persen dari mereka memulai perjalanan dari Libya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com