Kompas.com - 31/05/2017, 13:58 WIB
EditorPascal S Bin Saju

BEIJING, KOMPAS.com - Tiga pria dari kelompok pegiat hak-hak buruh, China Labor Watch yang berbasis di New York, AS, sedang meninjau kondisi pabrik di mana sepatu-sepatu Ivanka Trump dibuat di China.

Namun, seorang aktivis buruh melakukan penyelidikan atas dugaan pelanggaran di sebuah pabrik di China, yang biasa merakit sepatu Ivanka Trump telah ditangkap dan ditahan polisi.

Dua aktivis lainnya hilang, demikian dilaporkan The Guardian, pada Rabu (31/5/2017).

Kasus ini meningkatkan kekhawatiran bahwa hubungan perusahaan itu dengan keluarga Presiden AS mungkin telah menyebabkan perlakuan lebih kasar.

Hua Haifeng (36) telah ditangkap polisi dengan tudingan telah melakukan penyelidikan ilegal, kata istrinya Deng Guilian.

Baca: Hamil Tua, Putri Donald Trump Kenakan Busana Ketat dan Sepatu Tinggi

Hua telah bergabung dengan organisasis hak-hak buruh selama lebih dari satu dekade dan sedang menginvestigasi sebuah pabrik di Provinsi Guangdong, China selatan untuk China Labor Watch.

Hua berusaha untuk pergi ke Hongkong pekan lalu, tetapi dicegat oleh aparat di perbatasan. Ia kemudian diinterogasi oleh polisi di Shenzhen, kota di China yang terledak di dekat perbatasan dengan Hongkong dan kemudian dilepas.

Ia kemudian berangkat menuju Provinsi Jiangxi dan kemudian menghilang, sebelum istrinya akhirnya diberitahu oleh polisi.

 “Saya merasa takut ketika polisi memanggil saya,  perasaan saya terguncang oleh rasa takut dan marah,” kata Deng kepada The Guardian.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.