Kompas.com - 31/05/2017, 07:18 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Militer Amerika Serikat, Selasa (30/5/2017) mengatakan, sukses melakukan uji coba sistem pertahanan anti-misil balistik antarbenua (ICBM).

"Sebuah misil yang berbasis di daratan diluncurkan dari pangkalan AU Vandenberg, California, sukses mencegat sebuah ICBM yang ditembakkan dari situs uji coba Reagan di Kepulauan Marshall," demikian pernyataan militer AS.

Baca: Korut Diduga Tembakkan Misil Balistik ke Laut Jepang

Jarak dari Kepulauan Marshall tempat roket ICBM tu diluncurkan ke California adalah lebih dari 6.750 kilometer.

Dalam uji coba itu sebuah roket dari sistem pertahanan darat jarak menengah (GMD) meluncur ke angkasa lalu melepaskan "wahana pembunuh exo-atmosfer".

Wahana pembunuh itu, lanjut militer AS, langsung menghantam langsung roket yang dalam skenarionya diarahkan ke daratan Amerika.

"Sistem pertahanan ini sangat penting untuk mempertahankan tanah air kita, dan uji coba ini menunjukkan kita memiliki kemampuan mencegah ancaman nyata," kata Laksamana Madya Jim Syring, Direktur Badan Pertahanan Misil AS.

Uji coba ini menandai sebuah langkah penting dalam sistem GMD yang dalam sejumlah uji coba sebelumnya memiliki hasil yang berubah-ubah.

Meski sistem ini sukses dalam uji coba terakhirnya pada 2014, tetapi keberhasilan itu diraih setelah tiga kegagalan dalam tiga uji coba pencegatan sebelumnya.

Padahal di tiga uji coba itu yang menjadi sasaran adalah misil non-ICBM yang berkecepatan rendah.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.