Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yaman Darurat Kolera, Hampir 480 Orang Meninggal

Kompas.com - 30/05/2017, 09:02 WIB

GENEVA, KOMPAS.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan informasi terbaru, Senin (29/5/2017), tentang epidemi kolera yang sangat memprihatinkan di Yaman karena kematian pada anak-anak.

Menurut WHO, jumlah korban akibat wabah kolera di Yaman saat ini mencapai 471 orang meninggal, sebaimana di Reuters.

Buletin terbaru WHO yang mencakup periode sejak 27 April lalu menyebutkan bahwa rata-rata ada "penurunan signifikan" dalam jumlah kasus yang dicatat pada 27 Mei ini.

Wabah kolera dimilai sejak Oktober 2016 dan berkembang hingga Desember.

Baca: Yaman Darurat Kolera, Skala Penyakit Lampaui Kapasitas

Kemudian berlipat ganda tetapi tak pernah dikendalikan sepenuhnya, dan peningkatan baru dalam sejumlah kasus mulai terjadi pada April 2017.

Yaman amat memerlukan bantuan kemanusiaan yang bersifat darurat setelah dilanda perang saudara. Sebanyak 19 juta dari 28 juta penduduknya memerlukan bantuan kemanusiaan.

Sebagian besar mereka yang membutuhkan bantuan kemanusiaan itu dalam kondisi terancam kelaparan hebat, dan hanya sedikit dari setengah fasilitas kesehatan di negara itu yang berfungsi baik.

Baca: Pasukan PBB Penyebar Kolera di Haiti, Ban Ki-moon Minta Maaf

WHO menyatakan pada Senin bahwa rata-rata jumlah kasus yang dicatat harian dalam kurun waktu 21-27 Mei sebanyak 2.529 kasus, turun dari 3.025 kasus pada tujuh hari sebelumnya.

Menurut buletin, jumlah keseluruhan terduga kolera tercatat 51.832 kasus.

Sebelumnya, pada 19 Mei lalu, WHO melaporkan, hanya dalam waktu tiga pekan wabah kolera yang merebak di Yaman telah menyerang 23.500 orang dan menewaskan 242 penderita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com