Kompas.com - 30/05/2017, 08:48 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com - Seorang bom mobil bunuh diri meledak di dekat sebuah toko es krim ternama di Baghdad, Irak menewaskan sedikit delapan orang.

Serangan maut yang terjadi di distrik Karrada, Senin (29/5/2017) malam  itu juga melukai 30 orang lainnya.

Sementara itu, kantor berita ISIS, Amaq, mengabarkan, bom bunuh diri itu menargetkan sebuah perkumpulan umat Syiah.

Baca: ISIS Klaim Bom Mobil di Baghdad, Empat Polisi Tewas

Ledakan bom itu terjadi beberapa hari setelah umat Muslim memulai ibadah puasa . Di masa seperti inilah warga Irak biasa berada di luar rumah hingga larut malam setelah melaksanakan buka puasa.

Serangkaian foto yang tersebar di dunia maya memperlihatkan dampak dari ledakan tersebut yang menghancurkan kawasan ramai di sekitar toko es krim Al-Faqma.

Salah satu foto memperlihatkan sebuah kerucut wadah es krim yang tergeletak di jalanan yang berlumuran darah.

Brett McGurk, utusan khusus AS untuk koalisi anti-ISIS, mengecam keras serangan itu dan menyampaikan solidaritasnya untuk warga Irak.

"Teroris ISIS malam ini menyasar anak-anak dan keluarga yang sedang menghabiskan waktu di gerai es krim. Kami berdiri bersama warga Irak untuk memerangi kejahatan ini," kata McGurk lewat akun Twitter-nya.

ISIS menguasai sebagian wilayah Irak pada 2014, tetapi tentara Irak yang dibantu serangan udara Amerika perlahan-lahan merebut kembali wilayah mereka.

Kini pasukan Irak sedang melakukan serangan akhir terhadap Mosul, kota kedua terbesar di negeri itu yang juga diklaim ISIS sebagai ibu kota kekalifahannya.

Baca: Ledakan Bom Dahsyat Guncang Baghdad, Puluhan Orang Tewas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.