Kompas.com - 27/05/2017, 19:49 WIB
EditorErvan Hardoko

KAIRO, KOMPAS.com - Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Sabtu (27/5/2017), mengklaim bertanggung jawab atas penembakan bus yang menewaskan 29 orang umat Kristen Koptik di Mesir.

Serangan brutal ini kemudian yang memicu serangan balasan Mesir ke basis-basis ISIS di negeri tetangganya, Libya.

Baca: Mesir Gempur Kamp Milisi di Libya setelah Pembantaian Kristen Koptik

"Detasemen keamanan dari Negara Islam melakukan serangan di Minya kemarin (Jumat)," ujar kantor berita ISIS, Amaq.

Penembakan di kota Minya itu terjadi ketika rombongan umat Kristen Koptik tengah dalam perjalanan menuju ke sebuah biara.

Sekelompok orang bersenjata yang mengenakan topeng yang menggunakan tiga mobil pikap menembaki bus yang sedang menuju ke biara Santo Samuel di Minya, 200 kilometer di sebelah selatan Kairo.

Pemerintah Mesir memastikan 29 orang tewas dalam serangan brutal itu dan merespon dengan serangan udara terhadap kamp-kamp ISIS di kota Derna, Libya pada hari yang sama.

Serangan terhadap umat Koptik ini adalah yang terbaru dari serangkaian serangan sejak hari Natal tahun lalu yang secara total telah menewaskan 100 orang umat Koptik.

ISIS mengklaim semua serangan itu dan mengancam akan melakukan lebih banyak serangan terhadap umat Koptik yang berjumlah 10 persen dari 90 juta warga Mesir.

Baca: 26 Warga Minoritas Kristen Koptik Mesir Tewas Diserang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.