Kompas.com - 27/05/2017, 19:27 WIB
EditorErvan Hardoko

MANCHESTER, KOMPAS.com - Tersangka utama bom bunuh diri Manchester Salman Abedi menggunakan uang bantuan negara untuk biaya sekolah sebagai modalnya melakukan aksi teror di kota kelahirannya itu.

Salman Abedi diyakini menerima uang ribuan poundsterling uang bantuan negara bahkan saat dia berada di luar negeri untuk belajar cara merakit bom.

Polisi kini melakukan penyelidikan terkait keuangan Abedi, termasuk bagaimana dia mengongkosi beberapa kali perjalanannya ke Libya.

Baca: Salman Abedi Telpon Adiknya di Libya 15 Menit Sebelum Bom Manchester

Di negeri itulah Abedi diduga kuat mempelajari cara membuat bom di sebuah kamp pelatihan kelompok-kelompok ekstrem.

Abedi setidaknya menerima uang sebesar 7.000 poundsterling atau sekitar Rp 120 juta berupa pinjaman pelajar untuk membiayai kuliahnya di Universitas Salford pada Oktober 2015.

Dia kemudian masih menerima 7.000 poundsterling lagi pada tahun akademis 2016 meski sebenarnya dia sudah "drop out" dari kampusnya.

Pengelola Universitas Salford enggan berkomentar soal informasi kepada pemberi pinjaman pelajar bahwa seharusnya dana untuk Abedi dihentikan.

Sementara itu, Departemen Pekerjaan dan Pensiun menolak menjelaskan apakah Abedi menerima tunjangan dari negara, termasuk tunjangan perumahan dan pendapatan.

Tunjangan ini besarnya bisa mencapai 250 poundsterling atau sekitar Rp 4,2 juta per pekan sepanjang 2015-2016.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Telegraph
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.