Kompas.com - 26/05/2017, 22:40 WIB
EditorPascal S Bin Saju

TAORMINA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebutkan, masalah Korea Utara (Korut) yang semakin agresif yang dapat memicu peperangan, akan bisa diselesaikan.

Pernyataan tersebut disampaikan Trump dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menjelang pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelompok Tujuh Negara (G-7).

"Ini merupakan masalah besar, ini masalah dunia," ujar Trump di Taormina, Pulau Sisilia, Jumat (26/5/2017), sebagaimana dilaporkan kantor berita Perancis, AFP.

Trump menambahkan, masalah Korut akan dibahas dalam pertemuan dengan kepala negara enam negara maju lainnya.

"Ini akan dituntaskan," ujarnya sebelum menghadiri pertemuan tertutup dengan Abe.

Baca: PM Shinzo Abe, Kepala Pemerintahan Pertama yang Temui Donald Trump 

Korut telah berulangkali meluncurkan rudal tahun ini, termasuk rudal jarak menengah Hwasong-12 belum lama ini, yang diklaim mampu membawa hulu ledak nuklir berat.

Peluncuran rudal Hwasong-12  itu telah menyulut ketegangan dengan Washington, Jepang, dan Korsea Selatan, musuh bebuyutan Korut.

Korut sudah dua kali melakukan uji coba nuklir sejak Januari 2016 dengan alasan utama bahwa Pyongyang membutuhkan senjata nuklir untuk membela diri terhadap ancaman militer asing.

AS khawatir jika pemimpin Korut Kim Jong Un tidak menghentikan kebijakan itu, negara-negara lain di kawasan, akan mencari kemampuan nuklir sendiri sebagai bentuk pertahanan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.