Kompas.com - 26/05/2017, 21:00 WIB
EditorPascal S Bin Saju

BEIRUT, KOMPAS.com  - Serangan-serangan udara ke al-Mayadin, Suriah, sejak Kamis (25/5/2017) malam atau Jumat (26/5/2017) dini hari WIB telah menewaskan lebih dari 100 orang.

Mereka yang menjadi korban termasuk anak-anak dan anggota keluarga dari kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), demikian Reuters, Jumat ini.

Al-Mayadin adalah sebuah kota kecil yang dikuasasi ISIS di dekat Deir al-Zor, Suriah timur, demikian kelompok Pemantau HAM Suriah (SOHR) yang berbasis di London, Inggris.

SOHR menyebutkan, serangan tersebut dilancarkan oleh pesawat-pesawat tempur koalisi asing yang dipimpin Amerika Serikat.

Baca: Jika AS Kembali Serang Suriah, Rusia dan Iran Siap Membalas

Seorang juru bicara koalisi AS mengatakan kepada Reuters, pasukannya telah melakukan serangan udara ke dekat al-Mayadin, Kamis (25/5/2017) malam hingga Jumat (26/5/2017) waktu setempat.

Apa dampak serangan itu, katanya, sedang dalam penyelidikan.  Namun, SOHR menyebutkan, lebih dari 40 anak termasuk di antara lebih dari 100 korban tewas itu.

Banyak keluar telah melarikan diri dari Raqqa, kota yang menjadi pusat kekhalifahan ISIS di Suriah. Koalisi AS yang didukung Kurdi Suriah dan pejuang Arab sedang bergerak menju kota Raqqa.

Baca: Apa Reaksi Dunia atas Serangan 60 Rudal Tomahawk AS keSuriah?

Warga melihat pesawat pengintai dan pesawat tempur mengitari kota al-Mayadin pada Jumat pukul 07.25 pagi waktu setempat sebelum menembakkan rudal yang menimpa dua bangunan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.