Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Terbaru AS di Suriah, Lebih dari 100 Orang Tewas

Kompas.com - 26/05/2017, 21:00 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com  - Serangan-serangan udara ke al-Mayadin, Suriah, sejak Kamis (25/5/2017) malam atau Jumat (26/5/2017) dini hari WIB telah menewaskan lebih dari 100 orang.

Mereka yang menjadi korban termasuk anak-anak dan anggota keluarga dari kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), demikian Reuters, Jumat ini.

Al-Mayadin adalah sebuah kota kecil yang dikuasasi ISIS di dekat Deir al-Zor, Suriah timur, demikian kelompok Pemantau HAM Suriah (SOHR) yang berbasis di London, Inggris.

SOHR menyebutkan, serangan tersebut dilancarkan oleh pesawat-pesawat tempur koalisi asing yang dipimpin Amerika Serikat.

Baca: Jika AS Kembali Serang Suriah, Rusia dan Iran Siap Membalas

Seorang juru bicara koalisi AS mengatakan kepada Reuters, pasukannya telah melakukan serangan udara ke dekat al-Mayadin, Kamis (25/5/2017) malam hingga Jumat (26/5/2017) waktu setempat.

Apa dampak serangan itu, katanya, sedang dalam penyelidikan.  Namun, SOHR menyebutkan, lebih dari 40 anak termasuk di antara lebih dari 100 korban tewas itu.

Banyak keluar telah melarikan diri dari Raqqa, kota yang menjadi pusat kekhalifahan ISIS di Suriah. Koalisi AS yang didukung Kurdi Suriah dan pejuang Arab sedang bergerak menju kota Raqqa.

Baca: Apa Reaksi Dunia atas Serangan 60 Rudal Tomahawk AS keSuriah?

Warga melihat pesawat pengintai dan pesawat tempur mengitari kota al-Mayadin pada Jumat pukul 07.25 pagi waktu setempat sebelum menembakkan rudal yang menimpa dua bangunan.

Salah satu bangunan tersebut adalah gedung empat lain yang merupakan keluarga dari militan ISIS asal Suriah dan Maroko. Serangan dilakukan sejak Kamis lewat tengah malam.

Kelompok ISIS saat ini sebenarnya telah mengalami kekalahan besar dan semakin terdesak di Suriah akibat intensifnya serangan udara oleh koalisi AS.

Koalisi yang dipimpin AS mengatakan bahwa mereka selalu berhati-hati demi menghindari jatuhnya banyak korban sipil dalam serangan udara dan selalu menyelidiki apapun yang dilaporkan warga.

Baca: Serangan Rudal AS Bisa Pengaruhi Strategi Melawan ISIS di Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com