Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan Pelaku Bom Manchester Terlempar Jauh dari Pusat Ledakan

Kompas.com - 25/05/2017, 16:45 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com - Polisi Inggris telah mengumpulkan bukti-bukti penting dari lokasi serangan bom  bunuh diri di Manchester Arena untuk uji forensik.

Namun, hasil foto-foto forenksi itu bocor ke media massa, antara lain dirilis oleh situs berita harian New York Times dan sejumlah surat khabar Inggris.

Ada sejumlah benda untuk merakit bom itu, seperti paku, sekrup, dan mur.

Polisi juga menemukan pecahan peluru Shrapnel, bateri, an tas punggung biru muda merek Karrimor, seperti ditemukan polisi Manchester pada Rabu (24/5/2017).

Semua benda tersebut berlumuran darah segar, dan juga darah kering, sebagaimana terlihat dalam hasil uji forenksi tersebut.

Baca: Ayah dan Adik Pelaku Bom Manchester Ditangkap di Libya

Menteri Dalam Negeri Inggris Amber Rudd mengatakan dia kecewa dengan cara pejabat AS membocorkan informasi mengenai pelaku bom, Salman Abedi.

Rudd telah melakukan protes kepada Washington melalui Kementerian Dalam Negeri AS bahwa "hal itu tak seharusnya terjadi lagi".

Potongan atau sisa-sisa tas Karrimor warna biru muda itu tampak cocok dengan yang dibawa oleh Abedi ke dalam Manchester Arena sebagaimana dalam “gambar-gambar penegakkan hukum”.

NYT menyebutkan dugaan barang bukti itu menunjukkan "sesuatu yang kuat dan berkecepatan tinggi, dan sebuah bom dengan pecahan peluru yang dibungkus dengan hati-hati dan merata".

Baca: Pengebom Manchester "Terbukti” Berkaitan dengan ISIS

Sebuah detonator dari perak yang berlumur darah dengan kabel masih terlihat di salah satu ujung tampak tergeletak di lantai.

Bukti-bukti di tempat kejadian menunjukkan bahwa kebanyakan dari mereka yang tewas akibat bom bunuh diri Abedi berada dalam radius melingkar.

Para korban tewas itu ambruk dengan seakan membentuk sebuah lingkaran.

Tubuh Abedi sendiri hancur berantakan dengan batang tubuhnya terlempar jauh ke luar dari para korban yang tewas akibat ledakan bom tersebut.

Para ahli mengatakan, fakta-fakta itu menjadi indikasi bahwa pecahan bom menyebar dari titik ledakan dalam kecepatan tinggi yang sama rata ke semua arah.

Baca: Jumlah Korban Ledakan di Manchester Kian Bertambah, 22 Tewas

Pakar bom AS mengatakan, hal itu menjadi jelas, seseorang yang memiliki "pengetahuan mendalam" tentang pembuatan bom adalah perakitnya.

Tidak diketahui dengan pasti apakah Abedi merakit sendiri bom tersebut ataukah orang lain telah menyerahkan bom kepadanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com