Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Salman Abedi Tak Beraksi Seorang Diri di Manchester"

Kompas.com - 24/05/2017, 15:37 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com - Pelaku serangan bom bunuh diri yang menewaskan 22 orang dan melukai 60 lainnya di Manchester Arena, Senin tengah malam, didugai tak beraksi seorang diri.

Keyakinan itu diungkapkan Menteri Dalam Negeri Inggris, Amber Rudd dalam salah satu bagian wawancara dengan jaringan Radio BBC, Rabu (24/5/2017).

Seperti yang telah diberitakan, aparat keamanan di Inggris telah mengidentifikasi pelaku serangan adalah pria bernama Salman Abedi. Dia adalah warga kelahiran Inggris, keturunan Libya.

Aksi bom bunuh diri pemuda 22 tahun ini dilakukan di salah satu sisi Manchester Arena, tempat di mana sedang berlangsung konser penyanyi Amerika Serikat Ariana Grande. 

"Kemungkinan besar, mungkin, bahwa dia tidak melakukan ini sendiri," kata Rudd. 

Rudd juga mengatakan, Abedi telah diketahui melakukan pengamatan dari sisi keamanan sebelum melakukan pengeboman.

Menanggapi aksi teror ini, sebanyak 3.800 tentara akan ditempatkan di jalan-jalan di Inggris. Dengan demikian, petugas polisi mendapat keleluasaan untuk melakukan patroli dan investigasi.

Identitas para korban mulai terungkap sedikit demi sedikit.

Salah satu di antara korban tewas adalah bocah perempuan berusia delapan tahun, dua gadis remaja, dan seorang pria berusia 28 tahun.

Sementara, hingga saat ini tercatat ada 60 orang yang terluka dalam serangan ini. Beberapa di antara para korban berada dalam kondisi kritis yang membahayakan jiwa mereka.

"Kami sekarang merawat 64 orang, sekitar 20 orang di antaranya berada dalam kondisi kritis," kata Jon Rouse, Kepala Layanan Kesehatan dan Perawatan Sosial di wilayah Greater Manchester, seperti dikutip Sky News.

"Ada kerusakan pada organ utama, luka parah pada anggota badan dan beberapa lainnya memerlukan perawatan dan dukungan jangka panjang. Ini adalah luka yang sangat traumatis."

Serangan di Manchester adalah serangan paling mematikan di Inggris sejak Juli 2005.

Kala itu empat pengebom membunuh 52 orang dalam serangan terkoordinasi pada jaringan transportasi London.

Baca: Salman Abedi, Sosok Pendiam yang Ledakkan Manchester Arena

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com