Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaki Gunung Spanyol Taklukkan Puncak Everest dalam 26 Jam

Kompas.com - 24/05/2017, 07:10 WIB

KATHMANDU, KOMPAS.com - Seorang pendaki gunung asal Spanyol mencetak rekor baru dalam hal kecepatan mencapai puncak Gunung Everest.

Killian Jornet (29) mampu mencapai puncak tertinggi dunia itu hanya dalam waktu 26 jam tanpa menggunakan tali atau botol oksigen.

Jornet, yang pertama kali mencoba menaklukkan Everest pada September 2016 itu, tiba di ketinggian 8.848 meter lewat sisi utara gunung, jalur tradisional pendakian.

Baca: Everest Kembali Telan Korban, 3 Pendaki Tewas dan 1 Hilang

Kantor berita Reuters mengabarkan, sebagian besar pendaki akan membutuhkan waktu dua atau tiga pekan untuk mencapai puncak Everest.

Dan, kurang dari 200 orang pendaki yang pernah mencapai puncak tertinggi di dunia itu tanpa menggunakan bantuan oksigen.

Sebenarnya, sejumlah pendaki termasuk dua orang Sherpa mengklai pernah tiba di puncak Everest lebih cepat dari waktu yang ditorehkan Jornet.

Namun, semua klaim itu tak bisa diverifikasi sehingga dianggap sebagai klaim tidak resmi.

"Kami yakin Killian (Jornet) mencetak rekor tercepat baru ke puncak Everest," kata Laura Front, juru bicara Jornet kepada AFP.

"Dia mendaki Everest tanpa menggunakan bantuan oksigen atau tali hanya dalam 26 jam," tambah Laura.

Bukan kali ini saja Jornet mencatat rekor tercepat dalam urusan mendaki gunung. Sebelumnya dia juga mencatat rekor di Mont Blanc, Matterhorn, Denali, Aconcagua, dan Kilimanjaro.

"Mencapai puncak Everest tanpa bantuan tali bukan sesuatu yang bisa dilakukan setiap hari! Saya bisa melihat matahari terbenam dan akhirnya mencapai puncak pada tengah malam," demikian pernyataan Jornet.

"Dari ketinggian 7.700 meter saya merasa sangat baik dan membuat kemajuan sesuai rencana, tetapi kemudian saya merasa kurang sehat, mungkin karena virus di perut. Sejak itu kemajuan saya amat lambat dan berulang kali harus beristirahat," tambah Jornet.

Baca: Perempuan India Capai Puncak Everest Dua Kali dalam 5 Hari

AFP mengabarkan, Asosiasi Pendakian Gunung China Tibet yang biasa melakukan validasi semua pendakian Everest lewat jalur utara belum memberikan konfirmasi soal klaim Jornet ini.

Saat ini, rekor Guinness untuk pendakian Everest dari sisi utara masih dipegang Hans Kemmerlander, yang mencapai puncak dalam 16 jam 45 menit pada 1996.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com