Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Trump Bertemu Mahmud Abbas di Betlehem

Kompas.com - 23/05/2017, 10:14 WIB

BETLEHEM, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan mengunjungi kota Betlehem, Selasa (23/5/2017) untuk bertemu Presiden Palestina Mahmud Abbas.

Dalam pertemuan itu Abbas berharap bisa meyakinkan Trump agar Amerika Serikat tetap berkomitmen menciptakan negara Palestina yang merdeka.

Pertemuan Trump dan Abbas ini digelar setelah pertemuannya dengan PM Israel Benyamin Netanyahu pada Senin (22/5/2017) yang diwarnai kunjungan simbolis ke Tembok Barat Jerusalem.

Baca: Trump: Pertempuran Antiteror Bukan Pertarungan Antar-agama

Setelah bertemu dengan Abbas, pada Selasa malam, Trump akan kembali ke Jerusalem untuk mengunjungi tugu peringatan holocaust Yad Vashem.

Selain itu, Trump juga akan berpidato di Museum Israel sebelum mengakhiri kunjungan dua harinya di negeri itu.

Kunjungan ke Israel dan Palestina itu merupakan bagian dari kunjungan kerja perdana Trump setelah menjadi presiden dan menyusul kunjungan ke Arab Saudi.

Dalam kunjungannya kali ini, Trump beberapa kali menyampaikan niat untuk menghidupkan kembali perundingan damai Israel-Palestina yang macet tetapi dia tak menjelaskan bagaimana rencana konkrit yang akan dia terapkan.

Bahkan, sebelum menghadiri jamuan makan malam di kediaman PM Netanyahu, sekali lagi Trump menghindari soal detil perundingan damai Israel-Palestina.

Baca: Trump ke Saudi untuk Rajut Lagi Hubungan dengan Dunia Islam

"Saya dengar ini adalah perundingan paling sulit dari semuanya, tetapi saya merasa kita akan mencapai sesuatu, saya harap demikian," ujar Trump.

Dalam kunjungan ke Israel, Trump juga mengecam Iran, musuh bebuyutan Israel, dengan menegaskan bahwa negeri itu tak akan pernah memiliki senjata nuklir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com